Ajarkan Kami Berdoa

Minggu, 08 Maret 2020

Bacaan hari ini: Lukas 11:1-13 | Bacaan setahun: Bilangan 33-34, Lukas 23



“…Tuhan, ajarlah kami berdoa, sama seperti yang diajarkan Yohanes kepada murid-muridnya….” (Lukas 11:1b)

Perjalanan kehidupan manusia, ada masanya mengalami sukacita, namun juga tidak jarang banyak yang mengalami kesusahan dan penderitaan. Dan, dalam menghadapi realita ini, seringkali manusia sangat mengingat Tuhan (dalam masa penderitaan) dan melupakan Tuhan (dalam masa yang sukacita).

Oleh sebab itu, di dalam kehidupan Tuhan Yesus bersama para murid- Nya, Tuhan Yesus memberikan penjelasan tentang bagaimana berdoa, ketika para murid-Nya bertanya, “Ajarkan kami berdoa”. Lalu Tuhan Yesus mengajarkan tentang Doa Bapa Kami, yang kita kenal sampai hari ini. Di sini, Tuhan Yesus bukan memaksudkan agar mereka meniru doa ini kata demi kata. Namun, Tuhan Yesus hendak menekankan bahwa apa yang terkandung dalam Doa Bapa Kami merupakan permohonan dan pedoman untuk bersikap secara benar dan mengucapkan hal-hal yang benar ketika berdoa. Misalnya: kata “Bapa kami.” Yesus menggunakan panggilan mesra seorang Anak kepada Bapa-Nya, yang juga dipakai dalam Rm. 8:15. Istilah ini dipakai dalam keluarga Yahudi modern, dan menunjukkan pengenalan yang akrab berdasarkan kasih. Allah adalah Bapa dari semua orang yang menerima Kristus dalam kehidupan Kristen. Oleh sebab itu, prinsip yang terutama dalam Doa Bapa Kami adalah memberikan Allah kesempatan untuk berbicara kepada kita. Yaitu, Allah menyatakan maksud dan tujuan-Nya dalam kehidupan manusia, supaya manusia dapat semakin mengenal Allah yang Kudus, Kerajaan-Nya dan sebagainya. Lalu hal yang utama dan yang kedua adalah supaya setiap orang Kristen berkomunikasi kepada-Nya. Yaitu, kita menyatakan apa saja yang kita alami dalam hidup ini dan dalam interaksi kita dengan sesama kita. Dan, kita harus berdoa, karena tujuan terpenting dalam hidup kita tidak dapat dicapai tanpa doa.

Dengan demikian kehidupan kita sebagai orang percaya, seharusnya selalu memohon kepada Tuhan untuk terus-menerus mengajar kita supaya kita dapat terus berelasi dengan Allah, dengan baik.

STUDI PRIBADI : Apakah maksud Tuhan Yesus mengajarkan Doa Bapa Kami kepada para murid?

Pokok Doa : Berdoalah agar jemaat Tuhan dapat berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan dan mengutamakan Tuhan di dalam hidupnya, sehingga mengerti dengan benar apa rencana Tuhan dalam hidupnya. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *