Kita Juga Perlu

Rabu, 19 Februari 2020

Bacaan hari ini: Lukas 5:27-32 Bacaan setahun: Imamat 27, Lukas 6



“Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat.” (Lukas 5:32)

Ada pengajaran di luar kekristenan yang mengajarkan tentang kesucian seorang bayi. Menurut pengajaran ini, bayi yang baru lahir diibaratkan kertas putih tanpa noda atau tinta. Semua bayi suci tanpa dosa. Tentunya, ini sangat bertentangan dengan pengajaran dalam Alkitab, karena dengan jelas Alkitab mengatakan bahwa, “Sesungguhnya, dalam kesalahan aku diperanakkan, dalam dosa aku dikandung ibuku” (Mzm. 51:5). Jadi tidak seorang pun yang benar dan tidak berdosa.

Alkitab adalah Firman Allah. Alkitab juga mengajarkan tentang siapa kita di hadapan Allah. Alkitab pun memberitahu bahwa semua manusia telah berdosa (Bdn. Rm. 3:23). Maka, untuk itulah Yesus datang ke dunia memanggil orang berdosa supaya setiap orang percaya kepada-Nya, diselamatkan dan hidup memuliakan Allah.

Dalam perikop ini, kita baca seorang pemungut cukai bernama Lewi yang memutuskan untuk mengikut Yesus. Kemudian dia mengundang Yesus bersama ke dalam perjamuan besar di rumahnya. Yesus pun pergi ke perjamuan itu. Orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat yang melihat hal itu kemudian bergumam kepada murid-murid Yesus. Memang dalam tradisi Yahudi, tidak layak bagi orang benar bersekutu dengan para pendosa. Para pemungut cukai dipandang sebagai pendosa karena mereka pengkhianat bangsa yang memungut pajak dari orang sebangsanya untuk kepentingan bangsa penjajah (Bangsa Romawi). Oleh karena alasan itulah Yesus memperingatkan orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat itu.

Mari kita renungkan perkataan Yesus ini: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, tetapi orang berdosa, supaya mereka bertobat.” Yang menjadi perenungan hari ini, bukankah kita juga adalah orang-orang yang sakit dan memerlukan Yesus? Tahukah kita, bahwa tanpa pembenaran dalam Yesus, kita bukanlah orang benar? Kita adalah orang berdosa, maka kita harus bertobat dari dosa-dosa kita, kita juga perlu sungguh-sungguh mengikut Yesus, mengundang Dia dan terus bersekutu dengan-Nya.

STUDI PRIBADI : Sadari dan sebutkan hal-hal yang membuat Anda merasa benar, sehingga menganggap orang lain salah ? Berkomitmenlah untuk mengikut Yesus sungguh-sungguh.

Pokok Doa : Berdoalah agar setiap jemaat Tuhan tetap setia hidup mengikuti teladan Yesus, mengundang Yesus setiap hari dan terus-menerus bersekutu dengan-Nya.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *