Mendengarkan

Selasa, 10 Desember 2019

Bacaan hari ini: Matius 13 | Bacaan setahun: Hosea 4-6



“Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat.” (Matius 13:23)

Banyak orang percaya yang tidak bertumbuh dan berbuah di dalam kehidupannya, karena disebabkan ia hanya sebatas mendengar Firman Tuhan, tetapi tidak melakukan Firman Tuhan itu di dalam kehidupannya. Inilah yang menyebabkan kehidupan orang percaya tidak dapat bertumbuh dan berbuah lebat seperti yang dimaksudkan oleh Tuhan Yesus.

Seorang yang mendengarkan Firman Tuhan adalah yang ditaburkan di tanah yang baik, yaitu orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, dan ada yang tiga puluh kali lipat (ayat 23). Tetapi mereka yang sekadar mendengar Firman Tuhan, ia tidak berdiri teguh di dalam iman, dan hidupnya penuh kekhawatiran akan dunia ini dan juga tipu daya kekayaan, sehingga hidupnya tidak berbuah.

Mereka yang mendengarkan dengan sungguh-sungguh kebenaran Firman Tuhan adalah mereka yang siap untuk belajar menjadi orang yang taat melakukan Firman sebab mereka mudah untuk dibentuk oleh Firman Tuhan, bukan menjadi orang yang angkuh dan menyalahkan orang lain. Dan hidupnya sepenuhnya tertuju kepada Kristus yang siap menyangkal diri dan pikul salib, tidak lagi mencintai dunia ini, sebab: “Tak seorang pun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”

Berdoalah, Ya Tuhan, terkadang bahkan hamba sering menduakan ENGKAU di dalam kehidupan sehari lepas sehari. Ampunilah hamba-MU ini, sehingga hamba dapat berjaga-jaga pada pintu hati hamba untuk senantiasa mendengarkan dengan sungguh-sungguh kebenaran Firman-MU. Supaya dapat terus bertumbuh dan berbuah dan menjadi berkat bagi orang lain.

STUDI PRIBADI :
(1) Apakah artinya bertumbuh dan berbuah di dalam bacaan Firman Tuhan ini?
(2) Sudahkah hidup kita bertumbuh dan berbuah lebat setiap hari ?

Pokok Doa : Berdoalah bagi setiap jemaat Tuhan agar hidup mereka dapat menjadi berkat bagi orang-orang di sekitarnya, Amin.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *