Pembaharuan Dari Allah

Senin, 18 November 2019

Bacaan hari ini: Zakharia 12:1-6 | Bacaan setahun: Yehezkiel 1-3



“Sesudah itu kaum-kaum di Yehuda akan berkata dalam hatinya: Penduduk Yerusalem mempunyai kekuatan oleh karena TUHAN semesta alam, Allah mereka.” (Zakharia 12:5)

Dalam kitab para nabi selalu ada dua hal yang dinyatakan Allah yang berulang muncul, yaitu peringatan atau hukuman dan pemulihan atau pembaharuan. Termasuk pada bagian ini yang menyatakan tentang pembebasan dan pembaharuan terhadap Yerusalem yang akan dilakukan Allah. Apa saja pembaharuan yang akan dilakukan Allah ?

Pertama, Yerusalem akan menjadi kota yang sulit sekali ditaklukkan, bahkan akan menjadikan celaka bangsa-bangsa yang berani menyerang-nya. Disebutkan bahwa bangsa-bangsa sekeliling Yerusalem akan menjadi pening. Mereka yang menyerangnya malah akan terluka seperti tertimpa batu. Segala kuda dan penunggang musuh Yerusalem akan menjadi bingung dan gila ketika menyerangnya. Kedua, Allah bahkan menjanjikan memusnahkan segala bangsa yang menyerang Yerusalem. Yerusalem walau diserang akan tetap tinggal pada tempatnya yang dahulu. Tetapi satu hal yang harus diingat oleh umat Allah adalah semuanya ini terjadi karena kekuatan Allah dan bukan jasa dan kekuatan mereka sendiri.

Apa yang dinyatakan dalam firman Allah ini sebenarnya bisa menjadi pengharapan bagi kita sebagai umat Allah. Allah adalah Allah yang tidak akan mentolerir dosa umat-Nya barang sedikitpun. Allah mengadakan penghukuman, namun setelah penghukuman selalu ada pemulihan dan pembaharuan yang akan dikerjakan Allah. Demikian juga jika kita, umat-Nya, hidup di tengah dunia berdosa ini, dimana kita begitu tertekan dan menderita karena dikelilingi oleh orang-orang yang jahat, bahkan bisa jadi di antara mereka ada yang mengaku sebagai orang Kristen. Di tengah-tengah penderitaan kita berjuang melawan dosa dan menjauhinya, ada pengharapan akan pemulihan dan pembaharuan dari Allah. Bahkan kita tidak akan ditinggalkan-Nya sendirian menghadapi peperangan rohani tersebut. Allah akan menunjukkan kuasa-Nya sehingga musuh dapat dikalahkan. Dengan demikian iman kita diteguhkan untuk melangkah di dalam kehendak-Nya. Kiranya Allah bermurah hati dan menguatkan kita untuk terus berjalan di dalam Dia.

STUDI PRIBADI : Apakah yang Allah lakukan untuk menunjukkan pemulihan-Nya atas Yerusalem ?

Pokok Doa : Berdoa bagi jemaat Tuhan agar diberikan hati yang peka akan dosa sehingga memilih jalan pertobatan untuk mengalami pemulihan yang sejati di dalam Dia.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *