Tuhan Mengasihi Bangsa-bangsa

Jumat, 05 April 2019

Bacaan hari ini: Yesaya 19 | Bacaan setahun: Hakim-Hakim 1-3, Kisah Para Rasul 6

 

“TUHAN akan menyatakan diri kepada orang Mesir, dan orang Mesir akan mengenal TUHAN pada waktu itu; mereka akan beribadah …, dan mereka akan bernazar kepada TUHAN serta membayar nazar itu.” (Yesaya 19:21)

Pembaca Firman Tuhan ini akan muncul di benak kita, bagaimana mungkin Mesir dapat percaya kepada TUHAN, Allah Israel? Mesir dikenal dengan tempat pemujaan para dewa. Tempat pemujaan ada di setiap daerah di Mesir. Bahkan kita juga tahu bahwa Salomo sebagai pemimpin bangsa Israel juga pernah ikut menyembah dewa-dewa yang dibuat dan disembah oleh orang-orang Mesir (bnd. 1 Raja-raja 11:4).

Akan tetapi Firman Tuhan yang disampaikan Allah melalui nabi Yesaya (Yes. 19:19) tertulis, “bahwa pada waktunya akan ada mezbah bagi TUHAN di tengah-tengah tanah Mesir dan tugu peringatan bagi TUHAN pada perbatasannya.” Artinya, TUHAN mengasihi umat Mesir, dan TUHAN akan menyelamatkan dan melawat bangsa Mesir sehingga orang-orang Mesir juga banyak yang percaya kepada TUHAN, Allah Israel, bahkan datang menyembah dan beribadah kepada-Nya. Dicatat dalam ayat 20-21, ketika umat Mesir berseru kepada TUHAN, maka Ia akan mengirim Juruselamat kepada mereka, yang akan berjuang untuk menolong dan membebaskan mereka dari orang-orang yang ingin menindas mereka. TUHAN yang akan menyatakan diri-Nya kepada bangsa Mesir, sehingga mereka bukan hanya beribadah tetapi juga mempersembahkan korban kepada TUHAN dan bernazar kepada-Nya. Ayat 22, “TUHAN akan membuat mereka bertobat dan berbalik kepada-Nya, setiap doa-doa mereka akan TUHAN kabulkan dan TUHAN akan menyembuhkan setiap sakit mereka.”

Inilah tanda bahwa Allah mengasihi seluruh bangsa-bangsa, termasuk bangsa Mesir, yang dikenal sebagai penyembah berhala. Melalui kasih-Nya, semua bangsa menjadi satu, dalam Kristus Yesus (Gal. 3:28). TUHAN yang mengirimkan Juruselamat bagi umat manusia supaya setiap manusia datang kepada-Nya, bertobat dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juruselamat satu-satunya. Marilah kita yang sudah percaya kepada Kristus memakai kesempatan yang Tuhan berikan untuk selalu hidup taat dan setia mengikut Tuhan sampai akhir hidup.

STUDI PRIBADI :
(1) Apa yang dilakukan Allah sebagai bukti kasih-Nya kepada Mesir?
(2) Mengapa Tuhan berbelas kasihan kepada Mesir, sekalipun telah berbuat jahat pada Allah?

Pokok Doa : Berdoalah untuk diri kita dan semua umat Tuhan agar tetap taat dan setia mengikut Tuhan, mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama dengan segenap hati kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *