Kehidupan Doa Yesus

Sabtu, 27 Januari 2024

“Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.” (Markus 1:35)


Ayat Lectio Divina: Markus 1:35 | Bacaan Alkitab: Markus 1:21-39

Salah satu teladan Tuhan Yesus ketika melayani di tengah dunia ini adalah kehidupan doa-Nya, seperti yang ditunjukkan oleh bagian firman Tuhan ini. Jika Tuhan Yesus memiliki waktu untuk berdoa pribadi kepada Bapa Sorgawi, maka bagaimana mungkin kita tidak mementingkan hal tersebut dalam kehidupan kita?

Apa yang bisa kita pelajari? Tuhan Yesus bukan sedang mengajarkan bahwa doa yang benar adalah harus di pagi-pagi benar dan di tempat sunyi. Tuhan Yesus pernah berdoa di malam hari, yaitu ketika Dia akan menghadapi kesengsaraan-Nya (Mrk. 14:32-42). Tuhan Yesus berdoa pada pagi hari dan di tempat sunyi karena ingin menghindari gangguan agar bisa fokus berelasi dalam doa dengan Bapa-Nya. Tuhan Yesus ada di tengah-tengah pelayanan yang penuh dengan tuntutan, harapan, dan keinginan dari orang banyak kepada diri-Nya. Tuhan Yesus juga menjadi Pribadi yang paling dicari-cari dan terkenal. Oleh karena itu, Tuhan Yesus tahu bahwa Dia perlu memelihara relasi dengan Bapa agar hidup-Nya tetap berfokus pada apa yang Bapa-Nya ingin Yesus lakukan. Dia melayani bukan untuk mencari popularitas, pujian manusia, memenuhi keinginan orang banyak atau hanya melakukan hal-hal yang diinginkan-Nya sendiri. Kedatangan-Nya ke dalam dunia adalah untuk menggenapi kehendak Bapa-Nya, maka kehidupan doa setiap hari menjadi waktu Tuhan Yesus untuk bersandar dan mencari kehendak Bapa. Untuk hal penting itu, maka bagaimana mungkin doa dipanjatkan dengan sambil lalu atau sekenanya?

Bagaimana kehidupan doa kita dengan Tuhan? Adakah kita memiliki waktu pribadi yang jauh dari gangguan untuk bertemu Tuhan lewat doa? Mari kita belajar untuk tidak hanya meminta Tuhan memenuhi kebutuhan hidup kita, tetapi kita juga meminta kepada Tuhan untuk menyatakan kehendak-Nya dan memberi kita kekuatan untuk melakukan-Nya. Oleh karena hidup kita sebagai orang-orang percaya dalam Tuhan Yesus adalah untuk melakukan apa yang menjadi kehendak Bapa di Sorga bagi kita.

STUDI PRIBADI: Bagaimana kehidupan doa Anda dengan Tuhan selama ini? Jika Anda ingin memulai waktu doa pribadi dengan Tuhan, tetapkan waktu dan tempat yang baik agar Anda bisa fokus berdoa kepada Tuhan. Kemudian mulailah melakukan, jangan menunda.

Pokok Doa: Berdoalah kepada Tuhan untuk meminta hati yang rindu berelasi dengan-Nya dalam doa setiap hari, agar kita tahu bagaimana seharusnya menjalani keseharian hidup kita ini.

×

Markus 14 : 32-42

Di taman Getsemani

32 Lalu sampailah Yesus dan murid-murid-Nya ke suatu tempat yang bernama Getsemani. Kata Yesus kepada murid-murid-Nya: "Duduklah di sini, sementara Aku berdoa."

33 Dan Ia membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes serta-Nya. Ia sangat takut dan gentar,

34 lalu kata-Nya kepada mereka: "Hati-Ku sangat sedih, seperti mau mati rasanya. Tinggallah di sini dan berjaga-jagalah."

35 Ia maju sedikit, merebahkan diri ke tanah dan berdoa supaya, sekiranya mungkin, saat itu lalu dari pada-Nya.

36 Kata-Nya: "Ya Abba, ya Bapa, tidak ada yang mustahil bagi-Mu, ambillah cawan ini dari pada-Ku, tetapi janganlah apa yang Aku kehendaki, melainkan apa yang Engkau kehendaki."

37 Setelah itu Ia datang kembali, dan mendapati ketiganya sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Simon, sedang tidurkah engkau? Tidakkah engkau sanggup berjaga-jaga satu jam?

38 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan; roh memang penurut, tetapi daging lemah."

39 Lalu Ia pergi lagi dan mengucapkan doa yang itu juga.

40 Dan ketika Ia kembali pula, Ia mendapati mereka sedang tidur, sebab mata mereka sudah berat dan mereka tidak tahu jawab apa yang harus mereka berikan kepada-Nya.

41 Kemudian Ia kembali untuk ketiga kalinya dan berkata kepada mereka: "Tidurlah sekarang dan istirahatlah. Cukuplah. Saatnya sudah tiba, lihat, Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa.

42 Bangunlah, marilah kita pergi. Dia yang menyerahkan Aku sudah dekat."

×

Markus 10 : 42-44

42 Tetapi Yesus memanggil mereka lalu berkata: "Kamu tahu, bahwa mereka yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka.

43 Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu,

44 dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya.

×

Markus 10 : 15-16

15 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya."

16 Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka.

×

Yakobus 4 : 7

7 Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!

×

Wahyu 7 : 17

17 Sebab Anak Domba yang di tengah-tengah takhta itu, akan menggembalakan mereka dan akan menuntun mereka ke mata air kehidupan. Dan Allah akan menghapus segala air mata dari mata mereka."

×

1 Yohanes 4 : 10

10 Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai pendamaian bagi dosa-dosa kita.

×

1 Yohanes 4 : 11

11 Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau Allah sedemikian mengasihi kita, maka haruslah kita juga saling mengasihi.

×

1 Yohanes 4 : 12-17

12 Tidak ada seorangpun yang pernah melihat Allah. Jika kita saling mengasihi, Allah tetap di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita.

13 Demikianlah kita ketahui, bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan Dia di dalam kita: Ia telah mengaruniakan kita mendapat bagian dalam Roh-Nya.

14 Dan kami telah melihat dan bersaksi, bahwa Bapa telah mengutus Anak-Nya menjadi Juruselamat dunia.

15 Barangsiapa mengaku, bahwa Yesus adalah Anak Allah, Allah tetap berada di dalam dia dan dia di dalam Allah.

16 Kita telah mengenal dan telah percaya akan kasih Allah kepada kita. Allah adalah kasih, dan barangsiapa tetap berada di dalam kasih, ia tetap berada di dalam Allah dan Allah di dalam dia.

17 Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini.

×

1 Yohanes 4 : 18

18 Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.

×

1 Yohanes 4 : 20a

20a Jikalau seorang berkata: "Aku mengasihi Allah," dan ia membenci saudaranya, maka ia adalah pendusta,

×

1 Yohanes 4 : 20b

20b karena barangsiapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak dilihatnya.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *