25 Desember 2023

RINGKASAN KHOTBAH
25 DESEMBER 2023

Bahan Pertemuan Kelompok Kecil

YESUS TERANG DUNIA

Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

(Yohanes 8:12)

Selamat Natal!
Apa itu Natal? Tentunya mudah sekali menjawabnya; Natal adalah kelahiran Tuhan Yesus. Mengapa kita merayakannya? Apakah seperti perayaan hari ulang tahun pada umumnya? Tentu tidak! Natal berkaitan dengan pribadi Tuhan Yesus. Siapa itu Tuhan Yesus yang kelahiran-Nya kita rayakan? Yohanes 8:12 menyatakan, Tuhan Yesus sendiri yang mengatakan, “Akulah terang dunia.” Apa artinya Yesus terang dunia?

Terang dalam hal ini bukan sekedar sinar atau cahaya. Terang berkaitan dengan kehidupan kita yang ada dalam tuntunan dan penyertaan Tuhan, sehingga kita bukan berjalan dalam kegelapan yang tanpa arah dan ada dalam bahaya. Hal ini dikaitkan dengan peristiwa bangsa Israel yang berjalan di padang gurun yang dituntun Tuhan melalui tiang awan dan tiang api, sehingga mereka tidak berjalan dalam kegelapan dan tersesat. Terang juga berkaitan dengan kehidupan yang berada dalam kesejahteraan, hidup yang bermakna, yang bertentangan dengan hidup dalam gelap yang berarti hidup dalam dosa dan terjerat oleh maut. Sehingga di dalam Tuhan Yesus dikatakan kita tidak akan berjalan dalam kegelapan melainkan akan mempunyai terang hidup, kehidupan yang sejati.

Namun memahami tentang Yesus terang dunia menuntut sebuah respons dari kita terhadap Dia, dan responsnya adalah mengikut Dia. Mengikut Yesus artinya percaya kepada-Nya dan hidup dalam tuntunan-Nya. Dan dalam Yohanes 12:35-36, Tuhan Yesus menuntut respons kepada-Nya dengan segera, jangan lagi ditunda-tunda. Oleh karena di luar Tuhan Yesus, manusia berdosa sebenarnya sedang berada di dalam kegelapan. Apakah Anda sudah percaya dan menerima Tuhan Yesus, terang dunia itu?

Menerima Tuhan Yesus dilanjutkan dengan hidup dalam Dia, tidak mandeg hanya menerima Dia saja kemudian kita kembali hidup semau kita sendiri. Oleh karena Tuhan Yesus adalah terang dunia maka kita yang percaya kepada Dia akan memancarkan terang-Nya yang berkarya dalam kehidupan kita. Itu yang disebutkan Tuhan Yesus dalam Matius 5:14, “kamu adalah terang dunia.” Terang itu bukan dari kita, tetapi dari Tuhan Yesus yang terpancar melalui kehidupan kita yang mau dituntun-Nya.

Namun, Matius 5:14-16 juga mengigatkan bahwa ada kalanya terang Tuhan yang seharusnya terpancar itu malah tersembunyi. Sebenarnya hal itu jangan sampai terjadi dalam kehidupan kita, karena memang tidak seharusnya itu terjadi. Apa yang menyebabkan terang Tuhan malah tersembunyi dalam kehidupan kita? Salah satunya adalah hidup kita malah melakukan apa yang jahat dan berdosa, yang seharusnya jangan dibiarkan terjadi dalam kehidupan anak-anak Tuhan. Ini merupakan satu pergumulan yang masih dihadapi oleh orang percaya ketika hidup dalam dunia berdosa ini. Namun, puji Tuhan, karena kekuatan kita untuk menghadapi pergumulan ini bukan dari diri kita sendiri melainkan dari Tuhan Yesus yang sudah mengalahkan dosa dan maut. Karya Tuhan Yesus yang menguatkan kita untuk melakukan apa yang berkenan kepada-Nya sesuai dengan firman Tuhan, adalah sebuah wujud bagaimana hidup kita memancarkan terang Tuhan Yesus.

Di momen perayaan Natal tahun ini, biarlah sekali lagi kita diingatkan akan Tuhan Yesus yang adalah terang dunia. Maukah kita hidup dalam terang Tuhan itu, melalui tuntunan firman Tuhan? Biarlah firman Tuhan yang menerangi kehidupan kita, khususnya hati kita, untuk menyatakan adakah hal-hal yang tidak berkenan kepada Tuhan di sana. Ketika kita menyadarinya, maka mari kita minta kepada Tuhan untuk menguduskan hati kita dan menolong kita untuk mengarahkan hati kita kepada apa yang menjadi kehendak-Nya dan dikuatkan untuk melakukannya. Biarlah dari sana hidup kita menyatakan terang Tuhan Yesus yang berkarya dalam hidup kita. Amin.

×

Yohanes 8 : 12

12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

×

Yohanes 12 : 35-36

35 Kata Yesus kepada mereka: "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi.

36 Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang." Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersembunyi dari antara mereka.

×

Matius 5 : 14

14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

×

Matius 5 : 14-16

14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.

15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.

16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

×

Markus 6 : 4

4 Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya."

×

Lukas 4 : 24

24 Dan kata-Nya lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak ada nabi yang dihargai di tempat asalnya.

×

Yohanes 12 : 37

37 Dan meskipun Yesus mengadakan begitu banyak mujizat di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya kepada-Nya,

×

Yohanes 15 : 18-25

18 "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.

19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

20 Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.

21 Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.

22 Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka!

23 Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku.

24 Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku.

25 Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan.

×

Yohanes 8 : 12

12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

×

Yohanes 1 : 9

9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.

×

Yohanes 3 : 19

19 Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.

×

2 Korintus 4 : 3-4

3 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,

4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

  1. Refleksikan kembali perasaan dan pikiran Anda ketika mendengarkan firman Tuhan ini di gereja. Apa 1 pesan yang paling Anda ingat dari firman Tuhan ini?
  2. Apa yang menjadi penghambat dalam hidup Anda untuk menyatakan terang Kristus lewat hidup Anda?
  3. Apa yang menjadi doa Anda kepada Tuhan untuk pergumulan di pertanyaan no 2? Apa yang Anda harapkan dari rekan-rekan GDG Anda untuk menghadapi pergumulan tersebut?
Apa komitmen Anda setelah belajar dan merenungkan firman Tuhan ini?
  1. Doakan anggota GDG Anda agar kehidupan mereka boleh menyatakan terang Kristus yang adalah Tuhan dan Juruselamat mereka.
  2. Doakan kota Surabaya dan Indonesia menjelang tahun baru 2024 yang juga adalah tahun politik, kiranya Tuhan beranugerah dan juga memakai gereja-gereja untuk mengusahakan kesejahteraan atas negara ini.
Download Ringkasan Khotbah
Download Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah