24 Desember 2023

RINGKASAN KHOTBAH
24 DESEMBER 2023

Bahan Pertemuan Kelompok Kecil

DUNIA TIDAK MENGENAL DAN MENERIMA-NYA

Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.

(Yohanes 1 : 10-11)

Setiap bulan Desember, hampir di semua mall di kota-kota besar, dipasang pohon natal atau hiasan natal dengan segala perna-perniknya, dan pasti terdapat tulisan Merry Christmas. Sayangnya, meskipun orang merayakan Christmas atau kelahiran Kristus, tetapi mereka tidak mengenal Kristus yang mereka rayakan itu. Bahkan ada juga keluarga-keluarga yang merayakan Christmas dengan mengadakan Christmas party dan saling tukar Christmas presents, namun banyak dari mereka itu belum tentu mengenal dan menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi. Merayakan natal seperti ini boleh disebut: Celebrating Christmas without Christ, yaitu artinya Merayakan Natal Tanpa Kristus. Sungguh ironis bukan; merayakan kelahiran seseorang tetapi tidak mengenal dan menerima orang yang dirayakan itu.

Hal ini juga yang nampaknya terjadi pada waktu Yesus yang lahir dan datang ke dalam dunia sekitar 2000 tahun lalu, Yesus datang ke dalam dunia tetapi dunia tidak mengenal dan menerima-Nya, seperti yang dikatakan dalam Yohanes 1:10-11 “Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya”.

Selain ayat tersebut yang mengatakan bahwa dunia tidak mengenal dan menerima Yesus, di beberapa bagian lain dalam Alkitab, juga dapat ditemukan ayat-ayat yang menunjukkan bahwa dunia menolak Yesus bahkan sejak kelahiran-Nya. Seperti yang sering dikisahkan dimana ketika Maria akan melahirkan bayi Yesus, ternyata tidak ada tempat yang layak untuk persalinannya, sehingga bayi Yesus terpaksa dibaringkan di dalam palungan, yaitu tempat makan binatang (Lukas 2:6-7). Selain itu kelahiran Yesus juga menjadi ancaman bagi raja Herodes, sehingga bayi Yesus juga harus diungsikan oleh kedua orang tuanya sampai ke Mesir agar terhindar dari pencarian dan pembunuhan bayi-bayi pada waktu itu oleh raja Herodes (Matius 2:13-15).

Ketika Yesus kembali ke kota asalnya di Nazaret, Ia juga ditolak oleh orang-orang di tempat asal-Nya, karena mereka tahu siapa Yesus, hanya seorang anak tukang kayu Yusuf, dan mereka tahu siapa ibu dan saudara-saudara Yesus, hanya orang-orang biasa. Penolakan ini diakui oleh Yesus, sehingga Ia mengatakan bahwa seorang nabi tidak dihormati dan diterima di tempat asalnya dan di rumahnya sendiri. (Matius 13:57; Markus 6:4; Lukas 4:24).

Sungguh aneh, Yesus seorang yang selalu berbuat baik dengan menolong banyak orang melalui menyembuhkan berbagai macam sakit penyakit mereka; memberi makan kepada 5000 dan 4000 orang. Yesus yang telah mengadakan begitu banyak mujizat di depan mata orang banyak, namun mereka tidak percaya kepada-Nya (Yohanes 12:37). Dunia bukan hanya tidak percaya, tetapi Yesus mengatakan kepada murid-murid-Nya bahwa dunia membenci Dia, kerena itu dunia juga akan membenci mereka sebagai pengikut-pengikut-Nya (Yohanes 15:18-25). Bahkan dengan gamblang Yesus mengatakan bahwa dunia membenci Dia tanpa alasan.

Mengapa dunia atau manusia tidak mengenal dan menolak Yesus?

Hal ini dikarenakan, Yesus adalah Terang Dunia (Yohanes 8:12), sedang dunia berada dalam kegelapan karena dosa. Oleh sebab itu gelap tentu tidak dapat menerima terang, seperti yang dikatakan oleh rasul Yohanes: “Terang yang sesungguhnya yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia” (Yohanes 1:9). “Terang yang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat” (Yohanes 3:19).

Dunia menolak Yesus karena selain berada dalam kegelapan, juga karena manusia di dunia ini pikirannya telah dibutakan oleh berhala-berhala seperti yang dikatakan oleh Paulus: “Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa, yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.” (2 Kor 4:3-4)

Oleh sebab itu dalam merayakan Natal tahun ini, janganlah sampai kita merayakan natal seperti orang dunia yang merayakan, yaitu Natal tanpa Kristus (Christmas without Christ). Tetapi hendaklah kita terus mengingatkan diri agar semakin tahun kita merayakan Natal semakin kita mengenal Kristus yang kita rayakan. Marilah kita merayakan Natal Bersama dengan orang-orang yang kita kasihi untuk membawa mereka juga mengenal dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi. Tuhan memberkati.

×

Yohanes 1 : 10-11

10 Ia telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan oleh-Nya, tetapi dunia tidak mengenal-Nya.

11 Ia datang kepada milik kepunyaan-Nya, tetapi orang-orang kepunyaan-Nya itu tidak menerima-Nya.

×

Lukas 2 : 6-7

6 Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin,

7 dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.

×

Matius 2 : 13-15

Penyingkiran ke Mesir

13 Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia."

14 Maka Yusufpun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir,

15 dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku."

×

Matius 13 : 57

57 Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya."

×

Markus 6 : 4

4 Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya."

×

Lukas 4 : 24

24 Dan kata-Nya lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak ada nabi yang dihargai di tempat asalnya.

×

Yohanes 12 : 37

37 Dan meskipun Yesus mengadakan begitu banyak mujizat di depan mata mereka, namun mereka tidak percaya kepada-Nya,

×

Yohanes 15 : 18-25

18 "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.

19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

20 Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.

21 Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.

22 Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka!

23 Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku.

24 Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku.

25 Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan.

×

Yohanes 8 : 12

12 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup."

×

Yohanes 1 : 9

9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.

×

Yohanes 3 : 19

19 Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.

×

2 Korintus 4 : 3-4

3 Jika Injil yang kami beritakan masih tertutup juga, maka ia tertutup untuk mereka, yang akan binasa,

4 yaitu orang-orang yang tidak percaya, yang pikirannya telah dibutakan oleh ilah zaman ini, sehingga mereka tidak melihat cahaya Injil tentang kemuliaan Kristus, yang adalah gambaran Allah.

  1. Bagikan kepada anggota GDG Anda, berkat-berkat rohani yang Anda dapatkan dari khotbah Minggu ini dengan tema: “Dunia Tidak Mengenal dan Menerima-Nya.” Masing-masing boleh mensharingkan secara singkat apa ada hal baru yang didapat? Pelajaran rohani atau teguran Tuhan yang Anda dapat.
  2. Diskusikan mengapa ada orang-orang yang merayakan Natal tetapi mereka tidak mengenal dan tidak mau menerima Yesus?
  3. Hal apa yang paling Anda inginkan dalam merayakan Natal tahun ini? Bagaimana Anda menilai perayaan dan ibadah Natal di gereja kita selama ini?
  4. Sharingkan bagaimana Anda atau keluarga Anda akan merayakan Natal tahun ini. Sharingkan juga apakah Anda pernah mengikuti atau merayakan Natal yang paling bermakna selama ini?
Setelah berdiskusi dan merenungkan bagaimana seharusnya merayakan Natal, buatlah komitmen yang akan Anda kerjakan dalam merayakan Natal tahun ini, agar Natal Anda tahun ini dapat berbeda dan lebih bermakna disbanding sebelumnya.
  1. Doakanlah agar ibadah dan perayaan Natal dari gereja kita tahun ini dapat berjalan dengan aman dan lancar. Doakan kiranya jemaat yang selama ini undur dari iman mereka, melalui Natal tahun ini dapat dibangunkan kembali untuk mengasihi Kristus yang telah mengasihi kita.
  2. Doakan teman di samping kiri kanan kita agar mereka dapat merayakan Natal Bersama keluarga mereka dan dapat menjadi kesempatan membawa anggota keluarga atau kerabat yang belum kenal Tuhan Yesus bisa mengenal-Nya.
Download Ringkasan Khotbah
Download Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah