Manusia Baru

Senin, 13 November 2023

“... karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya.” (Kolose 3:9-10)


Bacaan hari ini: Kolose 3:5-17 | Bacaan setahun: Kolose 3

Meskipun ke-baru-an (sesuatu yang baru) umumnya memberikan kesegaran baru, tidak semua orang menyukai hal tersebut. Ke-baru-an ini sering dipandang merusak stabilitas dan kenyamanan yang sudah terbentuk sebelumnya. Maka tidak heran, golongan orang ini cukup terganggu ketika terjadi pergantian kepemimpinan, perpindahan tempat tinggal, dan perubahan-perubahan yang lainnya. Adaptasi dengan situasi yang baru dipandang sebagai sebuah kerugian yang sedapat mungkin perlu dihindari.

Pola pikir seperti itu tentu saja tidak diinginkan oleh Kristus ketika seseorang memutuskan untuk menjadi pengikut-Nya. Maka dari itu, Paulus mengingatkan jemaat Kolose akan identitas baru mereka di dalam Kristus. Identitas yang baru tersebut menuntut adanya perubahan pola pikir dan juga perilaku dalam kehidupannya sehari-hari. Perubahan tersebut terjadi bukan karena inisiatif mereka tetapi hanya karena anugerah dan kasih dari Allah (ay. 12). Tugas mereka kini adalah memiliki gaya hidup yang mencerminkan orang-orang yang telah hidup ditebus oleh Allah. Dengan demikian, setiap perkataan maupun perbuatan mereka selain memuliakan Allah tetapi juga memungkinkan mereka untuk mengenal dan menikmati Allah dengan penuh ucapan syukur (ay. 17).

Identitas sebagai manusia yang baru tersebut kini juga diberikan kepada setiap kita yang telah percaya kepada Kristus sebagai Tuhan dan penebus kita. Anugerah-Nya juga memampukan kita untuk menghidupi setiap perintah yang Ia telah firmankan. Hal tersebut bukan semata-mata untuk kemuliaan-Nya, tetapi juga untuk kebaikan kita sebagai umat pilihan-Nya. Oleh sebab itu, identitas baru di dalam Kristus merupakan sebuah kesempatan untuk kita mengalami perubahan hidup yaitu meninggalkan dosa kita. Mari kita sadari bahwa kita harus mengizinkan damai sejahtera Kristus memerintah hati kita saat ini. Kiranya Roh Kudus menolong setiap kita untuk terus berjuang menghidupi identitas kita sebagai umat pilihan Allah yang telah ditebus oleh Kristus.

STUDI PRIBADI: Apa yang Paulus ingin sampaikan secara khusus ketika berkata “manusia baru yang terus-menerus diperbaharui” dalam Kolose 3:12?

Pokok Doa: Berdoa agar kasih Kristus sungguh dapat dinyatakan di dalam komunitas Gereja Tuhan, dimana pun berada. Berdoalah agar setiap umat Allah selalu menghargai karya keselamatan Kristus bagi kehidupan mereka.

×

Kolose 3 : 12

12 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.

×

Kolose 3 : 17

17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

×

Kolose 1 : 16

16 karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.

×

Kolose 1 : 17-18

17 Ia ada terlebih dahulu dari segala sesuatu dan segala sesuatu ada di dalam Dia.

18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.

×

Kolose 1 : 19

19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,

×

Kolose 1 : 20-23

20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.

21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat,

22 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.

23 Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.

×

Efesus 4 : 1-4

1 Sebab itu aku menasihatkan kamu, aku, orang yang dipenjarakan karena Tuhan, supaya hidupmu sebagai orang-orang yang telah dipanggil berpadanan dengan panggilan itu.

2 Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.

3 Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera:

4 satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu,

×

Efesus 4 : 11-12

11 Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

12 untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus,

×

1 Korintus 1 : 24-25

24 tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, Kristus adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.

25 Sebab yang bodoh dari Allah lebih besar hikmatnya dari pada manusia dan yang lemah dari Allah lebih kuat dari pada manusia.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *