Pelayanan Pendamaian

Jumat, 27 Oktober 2023

“Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami.” (2 Korintus 5:18)


Bacaan hari ini: 2 Korintus 5:11-21 | Bacaan setahun: 2 Korintus 4-5

Hal pertama yang Paulus sampaikan dalam teks ini adalah semua yang dia miliki berasal dari Allah. Kata pendamaian banyak dijumpai dalam teks ini. Tampaknya Paulus memberitahu bahwa rencana keselamatan dan penebusan berasal sepenuhnya dari Allah. Ada tiga peran penting yang Paulus tuliskan dalam teks ini.

Pertama, Allah adalah Inisiator. Setelah jatuh kedalam dosa, manusia menjadi seteru Allah, yang selalu menentang dan menjauhi Allah. Jika Allah tidak berinisiatif melakukan sesuatu, maka manusia akan tetap berada di posisi yang sama. Dalam anugerah-Nya, Allah mengambil tindakan dan berinisiatif untuk mendamaikan manusia dengan diri-Nya (ay. 18).

Kedua, Kristus sebagai Mediator. Allah dengan hikmat-Nya bertindak, yaitu dengan perantaraan Kristus kita diperdamaikan dengan Allah (ay. 18) selanjutnya kita diperdamaikan dengan Allah di dalam atau oleh Kristus (ay. 19). Di dalam Kristus, Allah “tidak memperhitungkan pelanggaran-pelanggaran mereka” (ay. 19).

Ketiga, kita sebagai komunikator. Anugerah berupa pendamaian dan keselamatan yang telah Dia berikan kepada kita haruslah kita bagikan. Tugas ini berlaku bagi setiap kita yang sudah didamaikan oleh Allah melalui Kristus. Berita pendamaian yang kita bagikan ini haruslah hanya berpusat pada Kristus. Itulah yang Paulus sedang jelaskan dalam ayat 20, “berilah dirimu didamaikan dengan Allah.” Paulus tidak bermaksud mendorong manusia untuk mendamaikan diri mereka sendiri dengan Allah. Kata “didamaikan” di sini berarti bahwa manusia hanya sebagai penerima (pasif), sementara Allah yang menyediakan jalannya. Karena itu, teruslah membagikan berita pendamian itu kepada semua orang, karena kita telah terlebih dulu menerimanya dari Kristus.

STUDI PRIBADI: Apakah kita sudah membagikan berita pendamaian itu kepada saudara/i kita yang belum menerima anugerah keselamatan itu?

Pokok Doa: Berdoalah agar kita benar-benar memahami karya pendamaian yang kita terima sehingga kita bisa menjadi utusan Allah dalam membagikan karya penebusan Allah bagi setiap umat yang percaya kepada-Nya.

×

2 Korintus 5 : 18

18 Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami.

×

2 Korintus 5 : 19

19 Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami.

×

2 Korintus 5 : 20

20 Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.

×

1 Korintus 6 : 10

10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

×

1 Korintus 3 : 7

11 Dan beberapa orang di antara kamu demikianlah dahulu. Tetapi kamu telah memberi dirimu disucikan, kamu telah dikuduskan, kamu telah dibenarkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan dalam Roh Allah kita.

×

1 Korintus 3 : 8

8 Baik yang menanam maupun yang menyiram adalah sama; dan masing-masing akan menerima upahnya sesuai dengan pekerjaannya sendiri.

×

1 Korintus 3 : 9

9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *