Kandil Dan Pohon Zaitun

Minggu, 16 Juli 2023

“Maka berbicaralah ia, katanya: Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.” (Zakharia 4:6)


Bacaan hari ini: Zakharia 4:1-13 | Bacaan setahun: Zakharia 4

Munculnya orang-orang sukses dengan berbagai prestasi mereka umumnya menarik perhatian dan kekaguman kita. Di tengah rasa kagum tersebut, tidak bisa dipungkiri bahwa kesuksesan seringkali tidak lepas dari peran orang lain di sekitar mereka, baik pasangan, saudara, atau keluarga. Mereka adalah orang-orang “di balik layar” yang terkadang berkorban lebih besar daripada pribadi yang berhasil tersebut.

Begitu pula yang terjadi di dalam kehidupan orang percaya, bukan? Di balik keberhasilan pelayanan seorang anak Tuhan, selalu ada kuasa Tuhan yang menyertai orang tersebut. Itulah yang tampak di kitab Zakaria pasal 4 ini. Penglihatan nabi Zakaria di sini menaruh perhatian pada pembangunan kembali Bait Allah yang dilakukan oleh Raja Zerubabel (Ezr. 5:2). Sejatinya, proses pembangunan ini tidak berjalan lancar karena sekelompok orang menolak pembangunan tersebut. Dalam situasi sulit tersebut, TUHAN menguatkan Zerubabel bahwa pembangunan tetap akan berhasil di bawah pemerintahannya. Kekurangan dan kesulitan yang dialami menjadi bukti serta penegasan bahwa keberhasilan pembangunan Bait Allah semata- mata terjadi karena Roh Allah menyertai mereka. TUHAN sendirilah yang akan bekerja melalui orang-orang pilihan-Nya, yaitu Zerubabel dan Yosua, yang digambarkan sebagai dua pohon zaitun dalam penglihatan ini.

Tantangan dan kesulitan juga tidak terhindarkan pada pelayanan umat percaya masa kini. Ada kalanya perselisihan antar sesama pelayan Tuhan, penolakan orang sekitar, hingga perpecahan dalam jemaat kerap menjadi penghambat nyata yang dialami oleh gereja Tuhan. Meski demikian, kita dapat melihat bahwa pelayanan pekabaran Injil tetap berjalan hingga saat ini. Dalam keterbatasan dan keberdosaan manusia, gereja Tuhan dan komunitas orang percaya tetap berjalan dan menjadi saluran kebaikan Allah dalam kehidupan umat manusia. Inilah yang seharusnya menjadi keyakinan dan pengharapan kita, yaitu bahwa di balik seluruh kehidupan orang percaya, bahkan dalam kegagalan, ada Tuhan dan kebesaran-Nya yang tidak akan meninggalkan kita, umat pilihan-Nya.

STUDI PRIBADI: Bagaimana selama ini kita menilai keberhasilan pelayanan kita? Sudahkah membawa kita kepada rasa syukur atas kuasa Kristus yang menyertai kita, anak-anak-Nya?

Pokok Doa: Berdoa agar Kristus memberikan sukacita dan kekuatan dalam melakukan setiap hal yang Allah ingin kita kerjakan. Bagi umat Allah supaya tidak mudah putus asa dan mudah menyerah di dalam kehidupan ini.

×

Ezra 5 : 2

2 Pada waktu itu mulailah Zerubabel bin Sealtiel dan Yesua bin Yozadak membangun rumah Allah yang ada di Yerusalem. Mereka didampingi dan dibantu oleh nabi-nabi Allah.

×

Zakharia 4

Penglihatan kelima: kandil emas yang berhiaskan dua pohon zaitun

1 Datanglah kembali malaikat yang berbicara dengan aku itu, lalu dibangunkannyalah aku seperti seorang yang dibangunkan dari tidurnya.

2 Maka berkatalah ia kepadaku: "Apa yang engkau lihat?" Jawabku: "Aku melihat: tampak sebuah kandil, dari emas seluruhnya, dan tempat minyaknya di bagian atasnya; kandil itu ada tujuh pelitanya dan ada tujuh corot pada masing-masing pelita yang ada di bagian atasnya itu.

3 Dan pohon zaitun ada terukir padanya, satu di sebelah kanan tempat minyak itu dan satu di sebelah kirinya."

4 Lalu berbicaralah aku, kataku kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini, tuanku?"

5 Maka berbicaralah malaikat yang berbicara dengan aku itu, katanya kepadaku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku: "Tidak, tuanku!"

6 Maka berbicaralah ia, katanya: "Inilah firman TUHAN kepada Zerubabel bunyinya: Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam.

7 Siapakah engkau, gunung yang besar? Di depan Zerubabel engkau menjadi tanah rata. Ia akan mengangkat batu utama, sedang orang bersorak: Bagus! Bagus sekali batu itu!"

8 Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku, demikian:

9 "Tangan Zerubabel telah meletakkan dasar Rumah ini, dan tangannya juga akan menyelesaikannya. Maka kamu akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu.

10 Sebab siapa yang memandang hina hari peristiwa-peristiwa yang kecil, mereka akan bersukaria melihat batu pilihan di tangan Zerubabel. Yang tujuh ini adalah mata TUHAN, yang menjelajah seluruh bumi."

11 Lalu berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua pohon zaitun yang di sebelah kanan dan di sebelah kiri kandil ini?"

12 Untuk kedua kalinya berbicaralah aku kepadanya: "Apakah arti kedua dahan pohon zaitun yang di samping kedua pipa emas yang menyalurkan cairan emas dari atasnya itu?"

13 Ia menjawab aku: "Tidakkah engkau tahu, apa arti semuanya ini?" Jawabku: "Tidak, tuanku!"

14 Lalu ia berkata: "Inilah kedua orang yang diurapi yang berdiri di dekat Tuhan seluruh bumi!"

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *