[Spoiler Alert!]

Rabu, 5 Juli 2023

“Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung rumah TUHAN akan berdiri tegak mengatasi gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; bangsa-bangsa akan berduyun-duyun ke sana.” (Mikha 4:1)


Bacaan hari ini: Mikha 4:1-5 | Bacaan setahun: Mikha 4

SPOILER; mungkin di antara kita pernah mendengar istilah ini. Biasanya tagline ini muncul ketika ada orang yang membeberkan kisah tertentu yang seharusnya tidak boleh bocor. Bagi beberapa penikmat film, spoiler perlu dihindari karena mengurangi kenyamanan penikmatnya. Berbeda dengan film, dalam kehidupan ini kita justru membutuhkan spoiler yang bisa menceritakan kisah yang terjadi di masa mendatang. Bagi Anda yang saat ini sedang bergumul, spoiler menjadi penguat kaki untuk terus berjalan dalam rencana Allah. Secara khusus bagi umat Israel yang sedang dihukum Tuhan, spoiler menjadi pengharapan bahwa Allah tidak pernah meninggalkan mereka. Inilah perkataan Nabi Mikha kepada umat Israel.

Di perikop sebelumnya, Mikha menunjukkan: para pemimpin bersama nabi-nabi palsu Israel melakukan banyak ketidakadilan. Mereka mengelola tanah dengan menerima suap dan membengkokkan keadilan demi menguntungkan orang kaya dan menekan hidup orang miskin. Pelanggaran ini menjijikkan di hadapan Allah, sehingga Ia memakai cara yang sama dengan yang mereka lakukan, untuk menghukum mereka. Allah memakai Asyur dan Babel untuk merampas apa yang mereka rampas dari orang miskin. Hukuman ini tampak sangat keras bagi Israel. Tapi di perikop selanjutnya, Mikha menyatakan bahwa kondisi ini tidak berlangsung selamanya. Suatu hari nanti Allah akan meninggikan kembali bait-Nya. Ia akan memenuhi bait-Nya dengan hadirat-Nya yang kudus, juga memenuhi kota dengan umat-Nya. Allah akan memimpin kerajaan-Nya dan semua bangsa akan datang berduyun-duyun menyembah Dia. Tidak akan ada lagi perang dan ketidakadilan, tidak akan ada lagi perpisahan, dan tidak akan ada lagi kesedihan.

Mikha telah membocorkan sedikit banyak akan apa yang terjadi pada masa mendatang. Namun hal ini bukan sekadar berbicara tentang masa depan tetapi masa kini. Kita diberikan pengharapan untuk menjalani hidup ini dengan bayang-bayang akan masa depan. Kita diberi kekuatan bahwa akan ada good ending dari cerita kehidupan kita saat ini. Dan tugas kita saat ini adalah bersama Allah membawa kedamaian itu di bumi.

STUDI PRIBADI: Apa yang masih membebani hati dan pikiran kita, ketika kita mengetahui akan ada good ending dalam kehidupan ini?

Pokok Doa: Berdoalah bagi keluarga-keluarga yang masih berlibur. Kiranya Tuhan memenuhi sukacita bersama dengan anggota keluarganya.

×

Mikha 3 : 11

11 Para kepalanya memutuskan hukum karena suap, dan para imamnya memberi pengajaran karena bayaran, para nabinya menenung karena uang, padahal mereka bersandar kepada TUHAN dengan berkata: "Bukankah TUHAN ada di tengah-tengah kita! Tidak akan datang malapetaka menimpa kita!"

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *