Hari Penebusan

Selasa, 14 Maret 2023

“..mereka itu akan melihat kemuliaan TUHAN, semarak Allah kita.” (Yesaya 35:2b)


Bacaan hari ini: Yesaya 35:1-10 | Bacaan setahun: Yesaya 34-35

Kita adalah orang-orang yang telah menerima kasih karunia Allah melalui karya Yesus Kristus di dalam kematian dan kebangkitan-NYA yang menyelamatkan dan menebus kita dari perbudakan belenggu dosa. Anugerah TUHAN inilah yang membawa kebebasan dari hukuman (kematian) kekal kepada kehidupan yang kekal.

Perkataan Yesaya menunjukkan bahwa Bangsa Israel yang mengalami perbudakan dari bangsa lain, diakibatkan dosa Umat Israel yang menolak TUHAN sebagai Raja atas mereka dan akibatnya mereka dibuang (diserahkan) kepada bangsa asing dalam pembuangan. Di dalam keterpurukan itulah berita pembebasan dikumandangkan oleh nabi Yesaya bahwa TUHAN di dalam kasih karunia-NYA masih memperhatikan umat-NYA. Di dalam waktu dan kehendak TUHAN, Dia akan membebaskan Israel untuk kembali ke Yehuda, mereka akan dipenuhi dengan sukacita dan kegirangan. Yesaya menegaskan di ayat 10, “dan orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka, kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah menjauh.” Sukacita dan kegirangan inilah yang dianugerahkan TUHAN pada hari penebusan, yaitu pada saat TUHAN memimpin kembali Umat-Nya memasuki tanah perjanjian. Mereka akan masuk dengan sorak-sorai, sukacita penuh meliputi mereka sebab mereka bukan lagi orang yang diperbudak oleh bangsa lain.

Kasih karuni Allah telah kita terima melaui pengorbanan dan penebusan Kristus bagi kita, sehingga kita yang berdosa menjadi orang-orang yang telah mendapat hidup baru, dibenarkan, dan dikuduskan di dalam Yesus Kristus. Dengan status yang begitu mulia yang dianugerahkan kepada kita, marilah kita senantiasa menjalani kehidupan ini dengan selalu bersandar kepada Tuhan dan menanti-nantikan kedatangan Kristus kedua kalinya.

STUDI PRIBADI: Apakah yang menjadi penghalang dalam hidup kita untuk memancarkan kasih Kristus dan menjadi saksi-NYA untuk sesama kita yang masih ada dalam belenggu dosa? Apa yang menjadi rencana kita untuk menceritakan penebusan Kristus bagi mereka yang masih hidup dalam dosa?

Pokok Doa: Berdoa bagi umat Tuhan untuk hidup setia dan rela berkorban mengerjakan panggilannya sebagai terang dan garam dunia. Bagi generasi muda, sehingga mereka rindu menjangkau generasi mereka bagi Kristus.

×

Yesaya 35 : 10

10. dan orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sedang sukacita abadi meliputi mereka; kegirangan dan sukacita akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah akan menjauh.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *