Semesta Bernyanyi

Kamis, 19 Januari 2023

“Baiklah semuanya memuji nama TUHAN, Sebab Dia memberi perintah, maka semuanya tercipta.” (Mazmur 148:5)

Bacaan hari ini: Mazmur 148:1-14 | Bacaan setahun: Mazmur 147-148

Tidak semua manusia suka bernyanyi, tetapi semua manusia bisa bernyanyi. Hanya saja, yang membedakan ialah kualitas suaranya. Bernyanyi untuk Tuhan tentu tidak asing bagi orang percaya karena dalam ibadah, bernyanyi menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam sebuah penyembahan kepada Tuhan.

Mazmur 148 merupakan undangan bagi semua ciptaan untuk memuji Tuhan, mulai dari penghuni sorga, seperti para malaikat dan segala tentara-Nya, dilanjutkan kepada ciptaan-Nya di bumi dan segala isinya; dimulai dari yang paling atas sampai kepada yang paling bawah. Semua ciptaan yang bernyanyi bagi Tuhan membentuk sebuah simfoni agung atau paduan suara besar, yang disusun dari banyak bagian yang harmonis dan secara bersama-sama menaikkan kidung pujian kepada Tuhan. Meskipun setiap bagian berdiri sendiri, tetap merupakan bagian dari keseluruhan ciptaan yang terlibat dan hanyut dalam gelombang pujian yang meninggikan keagungan Sang Pencipta. Semesta bernyanyi merupakan keagungan dan semarak yang dipersembahkan bagi Tuhan, bahkan pemazmur mengakui bahwa alam semesta pun memberi kemuliaan karena karya agung Allah. Undangan agar bumi dan segala isinya memuji Tuhan, menjadi sebuah penegasan mengenai kuasa Tuhan atas semua ciptaan-Nya; dan ini adalah kebenaran yang tidak bisa diubah apalagi disanggah.

Mazmur ini seharusnya menjadi dorongan bagi kita umat tebusan-Nya, agar terus-menerus memuji dan membesarkan nama-Nya di hadapan semua ciptaan lainnya. Ke manapun kita melangkahkan kaki, sejenak pandanglah ke langit dan sekeliling, seharusnya di situ kita bisa menjumpai begitu banyak alasan untuk bersyukur dan memuji Tuhan. Mari senantiasa melantunkan puji-pujian dalam setiap aspek kehidupan kita, biarlah Tuhan disenangkan melalui nada dan alunan irama yang kreatif dari setiap pujian kita. Kiranya keagungan dan semarak yang dipersembahkan kepada Tuhan menyatakan kemuliaan-Nya, karena karya agung-Nya yang sangat mulia dan sempurna.

STUDI PRIBADI: Sebagai murid Kristus, apa yang Anda pelajari dari sifat Allah dalam Firman ini? Langkah konkrit apa yang Anda lakukan sebagai umat tebusan Allah dalam memuji Tuhan?

Pokok Doa: Berdoalah bagi jemaat yang telah mengalami karya penebusan Allah, agar selalu memiliki kerinduan untuk memuji dan meninggikan Tuhan melalui puji-pujian. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *