Keluarga Yang Diberkati

Sabtu, 7 Januari 2023

“Nyanyian ziarah. Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya! Sesungguhnya demikianlah akan diberkati orang laki-laki yang takut akan TUHAN.” (Mazmur 128:1, 4)

Bacaan hari ini: Mazmur 128:1-6 | Bacaan setahun: Mazmur 128

Keluarga Kristen adalah lingkungan tempat masing-masing anggota bertumbuh. Di sinilah tempat lahirnya kreativitas, pusat terbentuknya hubungan yang baik antara sesama manusia, tempat bernaung pada saat menghadapi persoalan-persoalan, tempat kebenaran diajarkan dan diterapkan, serta tempat menyimpan kenangan. Keluarga juga adalah tempat mengajarkan dasar kepercayaan, membimbing anak-anak mengenal Tuhan. Tetapi pada masa kini, ada masalah serius dalam keluarga Kristen, yaitu adanya perubahan dalam pola dan bentuk-bentuk keluarga Kristen. Kebersamaan sebagai keluarga tidak lagi sepenting dulu dan problema dalam keluarga merupakan hal yang umum terjadi. Banyak keluarga yang kehilangan damai sejahtera, keharmonisan, kerukunan dan kebahagiaan. Semua berjalan sesuai dengan kehendak masing-masing. Sebelum keluarga semakin hancur, mari kita belajar dari firman Tuhan yang kita baca hari ini tentang ciri-ciri keluarga yang diberkati oleh Tuhan.

Pertama, keluarga yang takut akan Tuhan, artinya adalah keluarga yang kagum, takjub, hormat akan Tuhan. Keluarga yang sungguh-sungguh menghormati Tuhan adalah keluarga yang benar-benar menjadikan Tuhan sebagai pusat hidup, penyembahan, yang terutama dalam keluarga. Baik suami, istri, dan anak-anak, semuanya harus percaya, beribadah dan sujud menyembah kepada Tuhan. Kedua, keluarga yang taat pada firman Tuhan, artinya keluarga yang berjalan sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan, bukan kehendak atau keinginan sendiri. Fokus utama keluarga bukan pada kenikmatan duniawi atau masalah, tetapi kebenaran firman Tuhan. Artinya, semua orang dalam keluarga harus melakukan kebenaran dan kehendak firman Tuhan. “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung” (Yos. 1:8). Demikianlah Tuhan akan memberikan berkat-berkat-Nya bagi keluarga kita, dengan demikian istri dan anak-anak kita akan diberkati Tuhan (ay. 2-6).

STUDI PRIBADI: Coba jelaskan kembali arti sebenarnya dari keluarga Kristen! Apa yang harus keluarga kita lakukan untuk menikmati berkat-berkat Tuhan dalam keluarga kita?

Pokok Doa: Berdoa bagi diri kita dan anggota keluarga kita supaya menjadi keluarga yang takut akan Tuhan serta taat melakukan kebenaran Firman Tuhan dengan setia. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *