Berlutut Kepada Tuhan Sang Raja

Minggu, 18 Desember 2022

“Mari kita bersorak-sorai untuk TUHAN, bersorak-sorak bagi gunung batu keselamatan kita.” (Mazmur 95:1)

Bacaan hari ini: Mazmur 95:1-11 | Bacaan setahun: Mazmur 95-96

Manakah yang lebih mudah kita lakukan: “bersungut-sungut” atau “percaya” kepada Tuhan? Jelas, jawabannya adalah bersungut-sungut! Setiap orang dapat dengan mudah melakukannya! Namun apa yang membedakan kita dengan orang yang tidak percaya keberadaan Tuhan, dengan kita yang percaya kepada-Nya, jika kita sama-sama suka bersungut-sungut?

Bersungut-sungut terhadap Tuhan karena sesuatu yang terjadi tidak terjadi seperti yang kita harapkan merupakan tindakan mencela Tuhan atau menganggap Tuhan itu tidak becus melakukan sesuatu. Itulah sebabnya Tuhan murka terhadap bangsa Israel yang bersungut-sungut kepada-Nya.

Dalam Mazmur 95 ini, pemazmur mengajak kita bukan bersungut-sungut melainkan bersorak-sorai dan bersyukur kepada Tuhan, sebab Ia adalah Raja semesta alam. Ia melampaui ilah-ilah yang dibuat manusia. Segala sesuatu ada dalam genggaman tangan-Nya. Ia juga memerintah segala yang ada (ay. 1-5). Maka sikap yang tepat bagi umat-Nya adalah: Pertama, berlutut dan sujud kepada-Nya. Sikap ini menunjukkan bahwa kita percaya pada pengaturan Tuhan atas hidup kita. Sikap ini kita lakukan berlandaskan kepercayaan bahwa Tuhan adalah Pencipta dan Pemelihara hidup. Ia adalah Gembala dan kita adalah kawanan domba-Nya (ay. 6-7). Kedua, jangan mencobai Tuhan dengan tidak percaya firman-Nya. Sejarah umat Israel telah membuktikan hal ini. Ketika mereka tidak percaya pada firman-Nya dan selalu bersungut-sungut kepada Tuhan, maka akibatnya mereka tidak menikmati tempat perhentian yang Tuhan janjikan (ay. 8-11). Bagaimana dengan kita hari ini?

Janganlah menjadi umat Tuhan yang mudah bersungut-sungut! Sebaliknya belajarlah taat dan bertumbuh dalam iman kita kepada Tuhan. Jika Tuhan adalah Pencipta dan Raja semesta alam, mungkinkah Ia berbuat salah dan tidak tahu yang terbaik bagi kita umat-Nya? Mari kita taat dan setia mengerjakan firman-Nya dengan bersorak-sorai dan bersyukur kepada Tuhan.

STUDI PRIBADI: Apa yang membuat seseorang mudah bersungut-sungut? Mengapa Tuhan tidak berkenan kepada umat-Nya yang bersungut-sungut kepada-Nya?

Pokok Doa: Berdoalah bagi pertumbuhan iman jemaat Tuhan, agar mereka dapat merespons situasi hidup mereka dengan tepat sesuai petunjuk firman Tuhan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *