Allah Punya Tujuan

Rabu, 21 September 2022

“Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain... Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu.” (Ester 4:14)

Bacaan hari ini: Ester 4:1-17 | Bacaan setahun: Ester 4-5

Haman punya rencana jahat yang sedang dijalankan. Pembantaian seluruh orang Yahudi di bawah kekuasaan raja Ahasyweros nampaknya hanya tinggal menunggu waktu saja. Tentu saja hal ini sangat menggelisahkan hati Mordekhai. Oleh sebab itu, ia memakai pakaian kabung dan meratap di sepanjang jalan menuju ke istana, tempat Ester berada. Ester meminta Hatah, orang kepercayaannya untuk menemui Mordekhai dan bertanya kepadanya mengenai apa yang tengah terjadi.

Mordekhai memberitahukan rencana jahat Haman dan juga salinan undang-undang yang sudah beredar, tentang pembantaian bangsa Yahudi. Hati Ester sangat risau, karena ia tidak mampu berbuat banyak untuk menolong. Hanya keajaiban saja yang mampu menyelamatkan Ester dari kematian, apabila ia memaksa diri menemui raja dan memohon agar raja membatalkan rencana jahat tersebut. Mordekhai menegur sekaligus menguatkan Ester dengan mengatakan: “Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu” (ay. 14).

Allah menuntun jalan hidup Ester, dari seorang wanita biasa menjadi seorang ratu. Allah punya tujuan dalam kehidupan Ester, dan semua yang dialaminya bukanlah sebuah kebetulan belaka. Posisinya sekarang adalah jawaban Allah untuk melepaskan Israel. Ester segera memahami pesan Mordekhai. Dengan berpuasa, Ester, Mordekhai, dan seluruh orang Yahudi yang tinggal di sana bersungguh-sungguh memohon pertolongan Allah.

Allah yang sama terus bekerja sekarang di dalam kehidupan kita. Segala sesuatu yang kita alami adalah bagian dari rencana dan tujuan Allah. Biarlah kita belajar tunduk dan bersedia dipakai oleh-Nya untuk menyatakan kehendak-Nya melalui kehidupan kita. Bukalah mata dan hati kita untuk dapat melihat karya dan rencana Allah yang lebih besar di dalam kehidupan kita!

STUDI PRIBADI: Bagaimana Ester bisa memahami tujuan Allah di dalam kehidupannya? Bagaimana Anda dapat memahami tujuan Allah di dalam kehidupan Anda hari ini?

Pokok Doa: Berdoalah supaya jemaat Tuhan boleh memahami bahwa Allah mempunyai tujuan yang indah di dalam kehidupan mereka dalam negara ini. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *