Memperhatikan Para Pelayan Tuhan

Minggu, 18 September 2022

“Pada masa itu beberapa orang diangkat untuk mengawasi bilik-bilik perbendaharaan... supaya sumbangan yang menurut hukum menjadi bagian para imam dan orang-orang Lewi dikumpulkan di bilik-bilik itu sesuai dengan ladang setiap kota.” (12:44a)

Bacaan hari ini: Nehemia 12:44-47 | Bacaan setahun: Nehemia 12-13

Setelah pertobatan dan komitmen di hadapan Tuhan untuk mematuhi perintah-Nya, salah satu dampak dan keseriusan yang orang Israel lakukan adalah mendukung pekerjaan Tuhan dengan memberikan persembahan khusus untuk para imam dan orang-orang Lewi. Tiap orang memberikan persembahan persepuluhan; dan supaya persembahan itu dikelola dengan baik, maka ditentukan beberapa orang yang mengatur dan mengawasi bilik perbendaharaan dan bilik persembahan kusus, karena persembahan itu adalah jaminan hidup para pelayan Tuhan; tanpa adanya perpuluhan dari orang Israel, semua tidak bisa menjalankan tugas dengan baik. Akibatnya, kehidupan rohani bangsa Israel akan terganggu juga.

Maka dari itu, kehidupan para imam dan kaum Lewi harus terpelihara oleh Tuhan melalui persembahan umat-Nya, agar mereka secara terus-menerus berkonsentrasi dengan panggilan untuk melayani di dalam ibadah dan penyembahan, serta pujian dalam rumah Tuhan. Betapa pentingnya pelayanan ini, sehingga mereka tidak melayani atau melakukan pekerjaan lain, seperti berladang untuk menghidupi kebutuhan hidup mereka. Tuhan memanggil para imam dan kaum Lewi untuk melayani Dia dengan suatu panggilan khusus yang memerlukan pengabdian diri untuk fokus melayani Tuhan dengan mengorbankan waktu, tenaga dan hidup mereka.

Melalui Firman Tuhan ini kita diingatkan bahwa, mendukung pekerjaan Tuhan dengan memperhatikan para pelayan yang telah Tuhan panggil untuk melayani bukanlah hal yang sepele, melainkan hal ini merupakan bagian dari rasa hormat kita terhadap Tuhan, yakni dengan memperhatikan orang-orang yang mengabdikan dirinya bagi Tuhan. Setiap kita diberkati Tuhan dengan berkat-berkat yang berbeda, maka dari itu pakailah setiap berkat yang sudah Tuhan berikan untuk memberkati orang lain, terlebih kita gunakan untuk mendukung para pelayan Tuhan yang ada, yaitu di tempat dimana kita bergereja, dibimbing dan dibina kerohaniannya.

STUDI PRIBADI: Apakah yang menghambat kita memberikan persembahan bagi perluasan Kerajaan Allah? Apakah kita telah dengan segenap hati mendukung dan memperhatikan para Hamba Tuhan yang melayani di tempat kita?

Pokok Doa: Berdoalah bagi jemaat Tuhan, agar memiliki kesungguhan hati dan kepekaan untuk berkomitmen memperhatikan para pelayan Tuhan yang mempersembahkan dirinya untuk melayani Tuhan dan jemaat. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *