Makin Terdesak, Makin Tidak Setia

Selasa, 30 Agustus 2022

“Dalam keadaan terdesak itu raja Ahas ini, malah semakin berubah setia terhadap TUHAN.” (2 Tawarikh 28:22)

Bacaan hari ini: 2 Tawarikh 28 | Bacaan setahun: 2 Tawarikh 27-28

Kesulitan dan pergumulan bisa menjadi batu loncatan bagi seseorang untuk bertumbuh dewasa secara rohani, atau sebaliknya membuat seseorang semakin hancur, tidak setia dan menjauh dari Tuhan. Ketika kehidupan semakin sulit, kita seharusnya semakin dekat dengan Tuhan, bukan semakin tidak setia dan menjauhi Tuhan, karena Tuhanlah satu-satunya sumber pertolongan dan kekuatan.

Inilah yang terjadi kepada raja Ahas. Ahas melakukan penyembahan berhala dengan mengorbankan anak-anak sebagai korban api seperti perbuatan keji bangsa-bangsa yang telah dihalau oleh Tuhan dari depan orang Israel. Maka Tuhan menghukumnya dengan membangkitkan raja Aram untuk menyerang dia. Namun hukuman itu tidak menjadikan Ahas sadar dan bertobat. Dia justru memohon pertolongan kepada raja Asyur, yang akhirnya membuat Ahas semakin terpuruk. Bukan pertolongan yang didapatnya, melainkan kesesakan (ayat 16-20). Keadaan yang sulit, tidak membuat mata dan hatinya terbuka untuk melihat maksud Tuhan. Ahas justru semakin tidak setia kepada Tuhan. Dia malah mempersembahkan korban kepada allah asing (ayat 22-25). Sungguh menyedihkan, Ahas tidak mengingat dan mencari Tuhan dalam situasi demikian.

Kisah hidup raja Ahas menjadi satu peringatan penting bagi kita, orang percaya. Seharusnya Allah adalah yang terutama dalam hidup kita. Ketika menghadapi masalah, seharusnya kita ingat bahwa kesulitan merupakan kesempatan untuk bertumbuh dewasa secara rohani dan semakin setia, bahkan lebih dekat dengan Tuhan. Jika ada peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam hidup kita, yang membuat kita terdesak dan tidak lagi setia kepada Tuhan, maka kita perlu waspada. Koreksilah diri kita, apakah mata hati kita sedang tertutup oleh kebenaran sehingga kita tidak bisa melihat dan merasakan karya Tuhan dalam hidup. Keadaan terdesak karena masalah yang sulit, bukanlah alasan untuk tidak setia kepada Tuhan. Apabila hal itu sedang terjadi, datanglah kepada Tuhan, mintalah pertolongan-Nya untuk kita bisa mengerti rencana dan kehendak-Nya dalam hidup kita!

STUDI PRIBADI: Menurut bacaan hari ini, apa yang perlu Anda lakukan supaya senantiasa setia kepada Tuhan?

Pokok Doa: Berdoalah bagi kehidupan jemaat agar dalam kesulitan apapun, mereka tetap setia kepada Tuhan dan semakin dekat dengan Tuhan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *