Taat Dan Bersyukur

MINGGU, 10 APRIL 2022

“Sebab itu sunatlah hatimu dan janganlah lagi kamu tegar tengkuk.” (Ulangan 10:16)

Bacaan hari ini: Ulangan 10:12-22 | Bacaan setahun: Ulangan 10-11

“Hitung berkat satu persatu, dan lihatlah karya Tuhanmu.” Berikut adalah sepenggal lagu yang berisi ajakan untuk menyadari betapa banyak berkat dan karya Tuhan yang harus kita syukuri. Semua orang pasti pernah merasakan berkat dan kebaikan Tuhan, meskipun seringkali kita lupa untuk bersyukur. Kisah bangsa Israel adalah bukti nyata, betapa Tuhan sangat baik bagi umat-Nya yang tidak tahu berterimakasih atas kebaikan-Nya, dan justru berulang kali menyakiti hati Tuhan. Israel seharusnya mengingat betapa besar pengampunan Tuhan atas ketidakpatuhan mereka. Sebab itu, Israel selayaknya mencintai Tuhan bukan dalam perkataan, tapi dalam perbuatan dan juga kebenaran. Orang Israel dituntut untuk menghentikan pemberontakan mereka dan sebaliknya hidup menjalankan perintah Allah dengan setia. Tuhan sudah cukup panjang sabar menghadapi Israel, kini waktunya mereka kembali kepada Tuhan, sebab Tuhan sudah memaafkan mereka dan tidak membuang mereka meskipun berulangkali berdosa.

Dalam bagian ini, Musa kembali mengingatkan bahwa relasi Tuhan dengan Israel adalah relasi perjanjian; Tuhan memberi janji penyertaan-Nya kepada Israel, maka Israel harus taat kepada Tuhan. Ada tuntutan perjanjian yang diminta Tuhan dari Israel, yaitu mereka harus takut dan taat kepada Tuhan dan beribadah kepada Tuhan dengan sepenuh hati. Oleh karena itu, orang Israel harus menyunatkan hati mereka, artinya supaya mereka tidak mengeraskan hati dan menaati perintah Tuhan dengan sungguh-sungguh.

Kebaikan Tuhan adalah alasan yang kuat untuk mengasihi dan taat kepada Tuhan, bahkan meski tidak ada hukum tertulis yang mewajibkan ketaatan. Sebab ketaatan sesungguhnya hanyalah respons ucapan syukur atas pemeliharaan Tuhan dalam kehidupan kita. Sebenarnya, permintaan untuk taat dan mengasihi Tuhan bukanlah hal sulit. Bukankah seharusnya sangat mudah untuk mengasihi Tuhan yang sudah begitu baik kepada kita? Karya keselamatan yang dilakukan Yesus adalah bukti kasih Allah yang terbesar bagi manusia, karena itu apa respons yang paling tepat selain memberikan hati yang taat dan penuh syukur kepada Tuhan?

STUDI PRIBADI: Apakah respons kita atas kebaikan Tuhan dalam kehidupan kita?

Pokok Doa: Berdoalah supaya kita ditolong oleh Tuhan untuk menjadi anak Tuhan yang taat dan selalu ingat untuk bersyukur atas kebaikan Tuhan. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *