Perintah Tuhan Bagi Umat-Nya

SABTU, 2 APRIL 2022

“Berbicaralah kepada orang Israel dan katakanlah kepada mereka: Apabila kamu menyeberangi sungai Yordan ke tanah Kanaan...” (Bilangan 33:51)

Bacaan hari ini: Bilangan 33:50-56 | Bacaan setahun: Bilangan 33-34

Dalam dunia kemiliteran, sangatlah mengenal sistem hirarki. Jadi, di dalam dunia kemiliteran terdapat berbagai macam jabatan, mulai dari yang paling tinggi sampai jabatan yang paling bawah. Jabatan yang lebih tinggi memiliki otoritas untuk memerintah bawahannya.

Dengan demikian, ketika orang dengan jabatan lebih tinggi memerintah bawahannya, maka bawahannya harus melakukan perintah dengan cepat, tepat, dan benar. Pada hari ini, kita merenungkan Firman Tuhan mengenai perintah Tuhan kepada bangsa Israel. Perintah tersebut harus dilakukan oleh orang-orang Israel, pada saat mereka sudah masuk ke tanah Kanaan. Berikut adalah perintah Tuhan yang harus dilakukan orang-orang Israel.

Pertama, orang-orang Israel harus menghalau semua penduduk di tanah Kanaan. Kedua, mereka harus membinasakan segala batu berukir, patung-patung dan segala bukit pengorbanan milik orang-orang Kanaan. Ketiga, mereka diperintahkan oleh Tuhan untuk menduduki negeri Kanaan dan diam di sana dsb. Dalam kehidupan orang Kristen, Alkitab yang adalah Firman Allah merupakan pedoman hidup, sekaligus perintah Tuhan yang harus ditaati. Akan tetapi, kadang kita lalai atau bahkan tidak mau menaati perintah Tuhan. Jadi, hari ini, kita belajar untuk mau menaati setiap perintah Tuhan yang tertulis di dalam Firman-Nya. Janganlah kita menolak menaati perintah Tuhan ataupun mengabaikannya. Sebagai contoh: Firman Tuhan memerintahkan kita untuk merenungkan Firman Tuhan siang dan malam, maka taati perintah tersebut dan lakukan dengan penuh kerendahan hati.

Selanjutnya, kita harus ingat: jika kita tidak melakukan perintah Tuhan, akan ada hukuman Tuhan, “maka orang-orang yang kamu tinggalkan hidup dari mereka akan menjadi seperti selumbar di matamu dan seperti duri yang menusuk lambungmu, dan mereka akan menyesatkan kamu di negeri yang kamu diami itu” (Bil. 33:55). Ini merupakan peringatan dari Tuhan jika orang-orang Israel tidak menaati perintah Tuhan. Namun demikian, poin pentingnya bukanlah melakukan perintah Tuhan karena takut hukuman. Namun, melakukan perintah Tuhan karena kesadaran diri sebagai anak- anak Tuhan.

STUDI PRIBADI: Apakah kita masih menaati perintah Tuhan sampai pada saat ini?

Pokok Doa: Berdoalah, agar kiranya setiap anak Tuhan dimampukan oleh Roh Kudus Tuhan untuk tetap menaati tiap-tiap perintah Tuhan dalam setiap waktu kehidupan yang dijalani, sehari-hari. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *