Berkat Tuhan Atas Mereka

RABU, 16 MARET 2022

“Demikianlah harus mereka meletakkan nama-Ku atas orang Israel, maka Aku akan memberkati mereka.”(Bilangan 6:27)

Bacaan hari ini: Bilangan 6:22-27 | Bacaan setahun: Bilangan 5-6

Segala hukum dan peraturan diberikan kepada Israel agar mereka menjadi bangsa yang berbeda dari bangsa-bangsa sekitar, serta agar belajar untuk hidup dalam ketaatan dan kekudusan di hadapan Tuhan. Ketaatan mereka menunjukkan hormat dan kebergantungan mereka kepada Tuhan, bahwa tidak ada Allah lain di muka bumi ini selain, Dia Allah Israel.

Karena Allah Israel adalah satu-satunya Allah yang hidup dan membangun perjanjian dengan mereka, maka merekapun harus sadar bahwa segala yang baik akan mereka nikmati, ketika mereka setia dan taat kepada-Nya. Sebaliknya, jika mereka memberontak dan tidak percaya kepada Tuhan Allah mereka, maka Allah akan memberikan hukuman atau murka-Nya atas mereka. Karena itu, Allah menyampaikan firman-Nya pada Musa, agar Harun dan anak-anaknya senantiasa meletakkan nama Tuhan Allah atas orang Israel, yaitu membawa umat Israel setia dan taat kepada Tuhan saja. Dengan demikian bukan kutuk yang mereka dapat, melainkan berkat-Nya. Karena itu, ketika mereka menyampaikan berkat Tuhan, mereka harus menyampaikan berkat seperti yang Tuhan kehendaki.

Berkat yang harus disampaikan pada bangsa Israel berbunyi: TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau; TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia; TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera (Bil. 6:24-26). Berkat Tuhan ini mengingatkan: Allah mengasihi dan rindu memberkati mereka, sekaligus menunjukkan bahwa berkat itu datang dari Tuhan dan perkenanan-Nya. Bagaimana dengan kita hari ini?

Mari melihat ketaatan dan peraturan Tuhan bukan untuk membebani kita, melainkan agar kita memperkenan hati Tuhan dan menjadikan kita umat kesayangan-Nya. Kerinduan Tuhan bukan hanya membawa kita kudus, tapi juga memberkati kita. Berkat-Nya mendorong kita untuk selalu bergantung kepada Tuhan dan meletakkan Tuhan di atas segalanya. Mari kita meletakkan nama Tuhan di atas kehidupan kita sehari-hari.

STUDI PRIBADI: Mengapa Tuhan memberikan formulasi doa berkat kepada Harun dan anak-anaknya? Apakah yang dapat kita pelajari darinya?

Pokok Doa: Berdoalah bagi pertumbuhan iman jemaat agar mereka boleh menjadi pribadi-pribadi yang mengasihi Tuhan dan senantiasa taat kepada kehendak-Nya. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *