Melakukan Perintah Tuhan Dengan Tepat

JUMAT, 25 FEBRUARI 2022

“Dan Musa melakukan semuanya itu tepat seperti yang diperintahkan TUHAN kepadanya, demikianlah dilakukannya.” (Keluaran 40:16)

Bacaan hari ini: Keluaran 40 | Bacaan setahun: Keluaran 40, Imamat 1

Hidup dalam ketaatan tidak mudah untuk dilakukan, sebaliknya hidup dalam ketidaktaatan adalah mudah. Ketika kita mendapat perintah dari Tuhan untuk melakukan sesuatu, seringkali yang terjadi adalah banyaknya pertimbangan untuk menaatinya. Terlebih jika perintah Tuhan sepertinya terlalu sulit dan rumit untuk dilakukan.

Satu tokoh Alkitab Perjanjian Lama yang sangat dikenal ketaatannya adalah Musa (Kel. 40:1-33). Musa diperintahkan Tuhan untuk mendirikan kemah suci, memasang perlengkapan-perlengkapan di tempat yang semestinya, menguduskan kemah suci beserta perabotan-perabotannya, mempersiapkan imam-imam untuk melayani Tuhan, serta menguduskan mereka sebagai imam. Rincian-rincian pembangunan kemah suci, Tuhan berikan secara tepat dan sempurna, sehingga Musa sangat berhati-hati melakukan perintah Tuhan sampai rician terkecil. Waktu untuk membangun kemah suci ini ditetapkan pada hari yang pertama di bulan pertama (ayat 2). Hal ini menunjukkan bahwa sungguh sangat baik memulai pekerjaan pada hari pertama dan bulan pertama di tahun yang baru, karena Dia Tuhan yang utama layak menerima yang pertama.

Dalam pandangan manusia, perintah Tuhan ini sepertinya sangat sulit untuk dilakukan. Bukankah pada masa itu Musa dan bangsa Israel masih ada di padang gurun dan mereka yang baru saja keluar dari Mesir? Namun, Musa memilih taat. Ketaatan Musa menunjukkan bahwa Musa mengasihi Tuhan. Musa sadar bahwa hidupnya sudah dipersembahkan untuk Tuhan yang telah memilih, memanggil dan memberinya kepercayaan.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan dan mengajarkan kita sebagai orang percaya, bahwa Tuhan mengizinkan kita untuk bisa berpartisipasi dengan-Nya dalam melaksanakan kehendak-Nya. Bagian kita bukan hanya duduk dan hanya melihat Tuhan bekerja, tetapi mau taat mengikuti teladan Musa yakni bekerja untuk Tuhan dengan usaha yang terbaik. Tidak perlu ragu mengerjakan perintah Tuhan, karena Tuhan tidak pernah salah dalam memberikan perintah.

STUDI PRIBADI: Sejauh mana kita bersedia untuk melibatkan diri pada perintah Tuhan dan melakukannya dengan tepat, bahkan melakukannya dengan kesungguhan hati?

Pokok Doa: Berdoalah bagi jemaat agar bisa memiliki sikap hidup yang mau peka dan taat melakukan perintah Tuhan dengan tepat sesuai perintah-Nya tanpa berargumentasi.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *