Tuhan Yesus – Yang Terindah

Selasa, 14 Desember 2021

Bacaan hari ini: Mazmur 45 | Bacaan setahun: Yoel



“Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allahmu, telah mengurapi engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutumu.” (Mazmur 45:8)

Salah satu pernikahan terbesar sepanjang dekade adalah pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton pada tahun 2011. Pernikahan yang dilaksanakan di Westminster Abbey, London itu dilaksanakan dengan penuh kemegahan dan keagungan sehingga menjadi buah pembicaraan banyak orang sampai hari ini. Pernikahan ini dihadiri para bangsawan dan diiringi oleh puji-pujian yang indah dari paduan suara terbaik di seluruh Eropa. Segala hal disiapkan dengan indah dan membawa kesan yang mendalam pada hati banyak orang.

Mazmur 45 yang hari ini kita renungkan adalah mazmur yang digubah oleh Bani Korah. Mazmur ini adalah mazmur yang dinyanyikan pada saat pernikahan raja. Pernikahan itu digambarkan dengan sangat indah dan memukau mata. Pakaian yang indah dan segala pernak-pernik pernikahan yang menawan digambarkan dalam mazmur yang indah ini. Namun lebih dari segala hal yang terlihat secara lahiriah, mazmur ini menggambarkan betapa indah Tuhan yang memberikan berkat kepada raja dan kerajaannya (ay. 3). Keindahan Allah yang muncul di dalam karakter raja yang mencintai keadilan dan membenci kefasikan (ay. 8). Hal itulah yang menjadi hal yang utama di dalam peristiwa pernikahan raja dalam mazmur ini.

Hal yang terindah dalam hidup kita bukan hanya dilihat dari hal materi yang kita miliki atau yang bersifat lahiriah atau yang terlihat oleh orang lain. Sama seperti mazmur ini yang menghargai hal-hal batiniah (karakter hidup seseorang) lebih daripada hal-hal jasmani, demikian kita juga seharusnya memiliki pandangan demikian. Kita tidak hanya mengagumi dan mengejar kekayaan belaka; lebih dari itu kita mengejar karakter Kristus dalam hidup kita, hidup dalam kebenaran dan melakukan keadilan di dalam kehidupan sehari-hari. Kita juga harus melihat berkat Tuhan dan mensyukurinya tiap waktu. Itulah yang menjadikan hidup kita indah, melebihi segala hal materiil yang kita miliki. Mari kita mensyukuri kebaikan Tuhan, dan hidup mengejar kekayaan rohani melebihi kekayaan materi. Dengan demikianlah nama Tuhan dipermuliakan dan kehidupan kita indah di mata-Nya.

STUDI PRIBADI: Apakah kita sudah mengejar karakter Kristus dalam hidup kita setiap hari? Atau kita hanya mengejar hal-hal materi dalam kehidupan kita?

Pokok Doa: Ambillah waktu untuk bertobat di hadapan Tuhan. Mintalah pada Tuhan untuk memberikan kita anugerah sehingga dapat mengejar karakter Kristus lebih daripada kekayaan lainnya. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *