Tokoh Perjanjian Lama : Habel

Selasa, 26 Oktober 2021

Bacaan hari ini: Kejadian 4:1-16 | Bacaan setahun: Amsal 26, Yesaya 57-59



“Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu.” (Kejadian 4:4)

Hari ini, kita membaca tentang korban persembahan Kain dan Habel yang dipersembahkan kepada Tuhan. Fokus perenungan ini adalah ayat 4, “Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka TUHAN mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu.” Dari ayat 2, kita tahu pekerjaan Habel ialah seorang gembala kambing domba. Pertanyaan yang muncul, “Mengapa persembahan Habel diterima oleh Tuhan?”

Ibrani 11:4 menuliskan, “Karena iman Habel telah mempersembahkan kepada Allah korban yang lebih baik dari pada korban Kain. Dengan jalan itu ia memperoleh kesaksian kepadanya, bahwa ia benar, karena Allah berkenan akan persembahannya itu dan karena iman ia masih berbicara, sesudah ia mati.” Berdasarkan ayat tersebut, kita dapat memahami alasan persembahan Habel diterima oleh Allah. Karena Habel beriman kepada Allah, maka Allah menerimanya. Lebih lanjut di dalam Ibrani 11:1 dikatakan, “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.” Jadi, betapa pentingnya memiliki iman dalam hidup orang percaya.

Sebagai kesimpulan, mari kita sebagai orang percaya memiliki iman yang teguh kepada Allah. Sama seperti Habel yang memiliki iman kepada Allah, sehingga mendatangkan berkat bagi dirinya. Di dalam kitab Roma 14:23b ditulis bahwa: “Dan segala sesuatu yang tidak berdasarkan iman, adalah dosa.” Jadi, sekali lagi, iman adalah salah satu hal yang sangat penting di dalam kehidupan orang percaya, khususnya ketika menghadapi keadaan yang sulit seperti sekarang ini. Mungkin ada di antara kita yang mulai mengeluh dan mulai meninggalkan Tuhan. Akan tetapi, melalui tokoh Alkitab yang bernama Habel, kita belajar untuk tetap beriman kepada Tuhan dan menggantungkan hidup kita sepenuhnya kepada Tuhan.

Marilah kita tetap terus semangat dalam menjalani kehidupan ini dan sambil menantikan kedatangan Kristus yang kedua kalinya.

STUDI PRIBADI: Mengapa persembahan Habel berkenan dan diterima Allah sementara persembahan Kain ditolak-Nya? Apa yang dapat kita pelajari dari kehidupan Habel?

Pokok Doa: Berdoalah supaya orang percaya boleh mendasari hidup mereka di dalam iman kepada Allah, seperti halnya teladan Habel. Berdoa agar setiap orang percaya boleh hidup berkenan kepada Allah. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *