Iman Yang Bertumbuh

Senin, 4 Januari 2021

Bacaan hari ini: 2 Timotius 3:10-17 | Bacaan setahun: Kejadian 10-12, Matius 4



“Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.” (2 Timotius 3:16)

Paulus menjelaskan bahwa hidup sebagai orang-orang kudus-Nya tidak terlepas dari penderitaan dan sengsara. Tetapi bukan itu yang Paulus maksudkan, melainkan bagaimana sebagai orang-orang kudus-Nya, hidup di dalam kebenaran Firman Tuhan di dalam menghadapi penderitaan dan kesesakkan hidup ini?

Paulus telah memberikan ajarannya: (1). Ikutilah teladan hidup Paulus yang tidak meninggalkan imannya di dalam menghadapi tantangan hidup yang berat sekalipun, sebab Paulus percaya bahwa Tuhan senantiasa menyertai umat-Nya; (2). Setiap orang kudus-Nya akan menderita aniaya sebab terang berlawanan dengan gelap dan hidup di dalam Roh tidak dapat bersatu dengan hidup di dalam daging karena Roh dan daging ini saling bertentangan. Dituliskan dalam Galatia 5:17, “Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging — karena keduanya bertentangan — sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki”. (3). Bahwa Firman Tuhan adalah “…tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.” Begitu penting kita berpegang kepada Firman Tuhan dengan mendengarkan, membaca, merenungkan, menghafal, dan melakukan kebenaran Firman Tuhan.

Sebagai orang-orang kudus-Nya, janganlah kita melalaikan Alkitab sebab dengan melalaikan Alkitab berarti mengabaikan Tuhan Allah sendiri, menolak segala ketetapan-ketetapan-Nya, menolak Kristus dan Gereja- Nya. Marilah kita senantiasa bertekun di dalam iman kepada Kristus Yesus. Kolose 1:23, “ Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.

STUDI PRIBADI : Apa yang menjadi nasihat bagi Paulus terhadap Timotius yang melayani gereja di usia muda?

Berdoalah : Ya BAPA kami yang di Sorga, kepada-MU hamba berjanji untuk senantiasa bertekun di dalam membaca, merenungkan, dan juga melakukan kebenaran Firman-MU yang hidup. Amin.   

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *