Kuat Oleh Kasih Karunia

Jumat, 1 Januari 2021

Bacaan hari ini: 2 Timotius 2:1-13 | Bacaan setahun: Kejadian 1-3, Matius 1



“Sebab itu, hai anakku, jadilah kuat oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus.” (2 Timotius 2:1)

Dalam bagian firman Tuhan ini Paulus memotivasi Timotius, anak rohaninya, untuk setia dan kuat dalam menghadapi tantangan pelayanannya. Kekuatan itu bukan datang dari kekuatan dan kemampuan Timotius sendiri, tetapi dari kasih karunia dalam Kristus. Paulus memberikan 3 gambaran yang mewakili apa saja yang perlu diperhatikan Timotius untuk menghidupi kasih karunia Allah itu.

Gambaran pertama adalah tentang seorang prajurit, yang mengingatkan Timotius untuk fokus pada panggilan dan tugas yang telah dipercayakan kepadanya. Seorang prajurit dikatakan hanya berfokus untuk memperkenan komandannya sehingga dia rela untuk tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya. Dalam bahasa lain, pelayan Kristus dipanggil untuk menyangkal diri dan mengikut Tuhan Yesus. Gambaran kedua adalah seorang olahragawan yang hanya dapat memperoleh mahkota sebagai juara apabila ia bertanding menurut peraturan-peraturan olahraga. Itu artinya Timotius diingatkan untuk selalu taat dan tekun dalam menjalani apa yang menjadi kehendak Tuhan dan tidak goyah atau malah menjauhi firman-Nya. Gambaran ketiga adalah seorang petani, yang bekerja keras dan yang pertama kali akan menikmati hasil usahanya. Itu juga artinya bahwa Timotius dimotivasi untuk tidak mudah menyerah dan kemudian meninggalkan pelayanannya begitu saja. Jadi Timotius diingatkan untuk menjadi seorang pelayan Tuhan yang fokus, taat, dan tidak mudah menyerah dengan selalu bersandar kepada kasih karunia dalam Tuhan Yesus.

Bagaimanakah dengan kita? Adakah kita adalah pelayan Tuhan yang tetap fokus pada Tuhan yang telah menyelamatkan dan mempercayakan tanggung jawab pelayanan kepada kita? Hendaknya kita juga taat dan tidak goyah mengiring Dia di dalam tuntunan firman-Nya, dan juga tidak mudah menyerah dalam kesempatan pelayanan yang Allah karuniakan itu. Hidup mengiring Tuhan dan melayani-Nya memang tidak mudah dan penuh tantangan, tetapi ada kasih karunia-Nya yang selalu menyertai kita.

STUDI PRIBADI : 3 (tiga) gambaran apakah yang diberikan rasul Paulus kepada kita untuk memotivasi kita agar setia bersandar kepada kasih karunia Allah?

Pokok Doa : Berdoa bagi jemaat Tuhan agar dikuatkan dalam kasih karunia Allah untuk hidup mengiring Tuhan Yesus walau menghadapi tantangan dan kesulitan sekalipun.  

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *