Permintaan Doa Hamba Tuhan

Rabu, 02 September 2020

Bacaan hari ini: Roma 15:22-33 | Bacaan setahun: Mazmur 79-80, Wahyu 2



“Tetapi demi Kristus, Tuhan kita, dan demi kasih Roh, aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, untuk bergumul bersama-sama dengan aku dalam doa kepada Allah untuk aku.” (Roma 15:30)

Paulus memohon tiga hal kepada orang-orang percaya di Roma untuk mendoakannya, yaitu: keselamatannya, keberhasilan pelayanan misinya, dan agar dia dapat datang ke Roma dengan sukacita. Paulus memiliki alasan yang kuat meminta dukungan doa akan ketiga hal ini. Pertama menyangkut keselamatannya, karena Paulus telah mengalami penderitaan bertubi-tubi di Yudea. Orang-orang Yahudi yang tidak percaya berusaha menghancurkan hidupnya, mengusung dia ke pemerintah Roma, dan memenjarakannya 2 tahun di Kaesarea. Ada dua alasan terbesar, yaitu karena Paulus memberitakan Injil bagi orang-orang non-Yahudi; kedua, karena Paulus mengajarkan agar orang percaya bebas dari kuk perhambaan hukum Musa.

Permintaan doa yang kedua, Paulus berharap agar pelayanannya bagi orang-orang kudus di Yerusalem dapat diterima. Adalah kewajiban bagi bangsa non-Yahudi yang percaya untuk membantu orang-orang miskin di antara orang-orang kudus di Yerusalem. Bagi orang Yahudi, jika bangsa-bangsa lain telah beroleh bagian dalam harta rohani orang Yahudi, maka wajib juga bangsa-bangsa lain melayani orang Yahudi dengan harta duniawi mereka.Permintan doa ketiga Paulus adalah agar dia dapat datang ke Roma dengan sukacita. Paulus mendambakan segera perjumpaan dengan orang-orang yang telah dewasa imannya di Roma, setelah dia melewati masa-masa pelayanan yang berat dan penuh konflik.

Berkaca dari doa seorang rasul besar, memperlihatkan bahwa pelayanan seseorang memberitakan Injil tidak sedikit mendapatkan situasi sulit, di manapun konteksnya. Ada banyak kesusahan yang mungkin para pelayan Tuhan tidak bisa sampaikan kepada banyak orang, dan waktu rehat mungkin salah satu yang mereka perlukan. Dari perenungan kita hari ini, mari kita dapat mendukung para pelayan Tuhan untuk mendapat waktu rehat yang proporsional dan mendoakan mereka dengan setia. Mereka mungkin tidak dapat menceritakan kepada saudara, tapi mari mendoakan agar kekuatan yang datang dari Allah dianugerahkan bagi mereka.

STUDI PRIBADI :
(1) Apa pentingnya rehat bagi Anda?
(2) Mari doakan para Hamba Tuhan agar memakai rehatnya dengan benar & kita dukung mereka melaui kata-kata penguatan.

Pokok Doa : Berdoalah bagi setiap jemaat Tuhan agar mereka tetap setia untuk memberitakan Injil, meski ada berbagai tantangan dan pergumulan yang dihadapi. 

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *