Sukacita Memenangkan Jiwa

Jumat, 20 Maret 2020

Bacaan hari ini: Lukas 15:1-32 | Bacaan setahun: Ulangan 21-22, Yohanes 11



“Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.” (Lukas 15:7)

Pernahkah kita merasakan sukacita yang besar di dalam hidup kita? Entah karena hadiah yang kita terima atau prestasi yang berhasil kita capai. Banyak orang bersukacita dan merayakan sukacitanya oleh karena menerima hadiah atau telah mencapai sesuatu di dalam hidupnya. Namun tahukah Anda bahwa ada sukacita yang terbesar, yang seharusnya menjadi bagian hidup kita—yang telah diwartakan kepada Anda?

Dalam bagian firman Tuhan ini, Lukas pasal 15, Yesus menunjukkan sukacita terbesar yang seharusnya menjadi bagian dalam hidup kita, orang percaya. Yesus mengatakan bahwa sukacita terbesar bagi Allah dan sorga adalah ketika orang-orang yang terhilang, kembali bertobat dan percaya kepada Tuhan. Yesus berkata bahwa sekalipun satu domba hilang, Ia akan pergi dan mencari mereka yang terhilang itu, “Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan” (ay. 7). Seperti perempuan yang kehilangan dirham, Ia akan mencari satu dirham yang hilang itu (ay. 8). Dan ketika mereka telah menemukan yang hilang itu, hati merekapun dipenuhi dengan sukacita. Demikianlah, Allah dan sorga bersukacita ketika orang-orang yang terhilang, ditemukan dan beroleh keselamatan, “Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat” (ay. 7, 10).

Sukacita Allah seharusnya juga menjadi bagian dari sukacita kita, orang percaya, ketika kita melihat adanya pertobatan dari orang yang tidak percaya menjadi orang percaya. Adakah kita punya kerinduan yang sama, untuk mencari jiwa-jiwa yang terhilang? Adakah kita turut bersukacita atas mereka yang menjadi percaya dan beroleh keselamatan? Carilah jiwa-jiwa bagi Tuhan, itulah sukacita kita yang sejati.

STUDI PRIBADI : Berapa banyak jiwa yang telah kita bawa kepada Tuhan? Beritakanlah Injil kepada 1 orang dalam minggu ini.

Pokok Doa : Berdoalah untuk sanak keluarga atau teman Anda yang belum percaya atau masih ragu-ragu untuk mengenal Tuhan, agar mereka boleh mengalami Tuhan, mengenal Tuhan dan percaya kepada Tuhan.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *