Mengikut Yesus

Kamis, 05 Desember 2019

Bacaan hari ini: Matius 8 | Bacaan setahun: Daniel 1-3



“Yesus berkata kepadanya: Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya.” (Matius 8:20)

Firman Tuhan hari ini dalam Injil Matius merupakan pembahasan bagi orang-orang untuk mengikut Yesus. Pertanyaan yang mungkin lebih cocok untuk kita adalah: “Apakah kita sudah benar-benar mengikut Yesus? Ataukah kita hanya seorang fans ?”

Matius ini menceritakan narasi perjalanan Yesus. Seperti yang kita ketahui, banyak orang-orang yang mau mengikut Yesus, mereka yang kagum dengan khotbah dan pengajaran-Nya terutama setelah khotbah di bukit. Banyak orang begitu terkagum dengan pengajaran dan mujizat yang Yesus lakukan (Mat. 8:1, yaitu setelah Yesus turun dari bukit, orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia). Orang-orang Israel itu benar-benar mengikut Yesus karena: (1) ingin melihat mujizat karena dianggap hal yang wow; (2) penasaran akan khotbah Yesus; (3) ingin melihat bagaimana Sang Messias “berperang” membebaskan mereka dari penjajahan.

Salah satu bagian yang perlu kita soroti adalah ayat 18-22, karena memiliki susunan yang kontras. Sebelumnya, Yesus melakukan mujizat sebanyak tiga kejadian, dan dua kejadian setelahnya. Namun di bagian ini Yesus tidak melakukan mujizat namun memberikan pengajaran, terdapat dua poin yang Yesus tekankan: (1) jika ingin ikut Yesus jangan harapkan untuk hidup yang enak dan santai; (2) Ikut Yesus jangan ditunda dan harus bayar harga.

Mengenai dua poin di atas, bukanlah hal baru di telinga kita. Namun banyak di antara kita yang belum bayar harga dalam ikut Tuhan. Banyak di antara kita yang tidak benar-benar percaya. Kita ikut Tuhan hanya datang ke gereja seminggu 2-3 kali, duduk, berdiri, duduk, berdiri, merem, melek, merem, melek. Menunggu Tuhan panggil. Denger khotbah, dicatat, besok lupa. TIDAK! Ikut Tuhan bukan demikian; ikut Tuhan berarti bayar harga dan percaya! Ikut Tuhan bukan sekadar fans yang mencari pengkhotbah-pengkhotbah dan program yang bagus, tapi kita berelasi dengan Tuhan. Kita punya kesadaran akan Roh Kudus yang ada dalam hidup kita. Anda, apakah pengikut Kristus sejati? Ataukah hanya fans?

STUDI PRIBADI : Mengikut Yesus bukan hal yang mudah; rutinitas gerejawi kerap memudarkan iman kita. Lihatlah diri Anda. Apakah Anda merasakan Tuhan ada beserta Anda ?

Pokok Doa : Mohonlah agar Tuhan memberi kepekaan untuk sadar bahwa Dia ada bersama kita, dan menyertai kita. Tuhan meremukkan hati kita yang keras, supaya kasih yang mula-mula kepada Allah itu bertumbuh kembali.

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *