Seruan Pertobatan

Selasa, 29 Oktober 2019

Bacaan hari ini: Zakharia 1:1-6 | Bacaan setahun: Amsal 29, Yesaya 65-66



“…Beginilah firman TUHAN semesta alam: Berbaliklah dari tingkah lakumu yang buruk dan dari perbuatanmu yang jahat!...” (Zakharia 1:4)

Firman Tuhan datang kepada nabi Zakharia (ayat 1) agar ia menyerukan pertobatan kepada umat Tuhan yang masih tersisa dari pasca pembuangan karena Tuhan ingin memulihkan keadaan mereka yang tersisa. Untuk itu, Tuhan mau agar mereka kembali kepada-Nya. Itulah sebabnya Tuhan meminta mereka agar bertobat, yakni kembali kepada Tuhan (ayat 3), dan mengingatkan mereka agar tidak berperilaku seperti nenek moyang mereka yang hidupnya berlaku buruk dan berbuat jahat di mata Tuhan (ayat 4). Pada waktu itu, Tuhan melalui para nabi-Nya, menyerukan kepada mereka agar bertobat, meninggalkan segala perilaku mereka yang buruk dan perbuatan jahat mereka.

Namun sayang, nenek moyang mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau menghiraukan segala seruan, ketetapan, dan perintah Tuhan atas mereka. Bahkan, mereka pun berlaku memberontak kepada Tuhan, tidak mau berbalik dari tingkah laku mereka yang buruk dan dari perbuatan mereka yang jahat itu. Itulah sebabnya Tuhan sangat murka atas mereka (ayat 2) dan menghukum mereka dengan membuang mereka sehingga mereka semua binasa di tanah pembuangan (ayat 5).

Puji Tuhan! Setelah mendengarkan segala penjelasan dan seruan pertobatan yang Nabi Zakharia serukan kepada mereka, mereka segera bertobat. Ayat 6 menyatakan kepada kita, “Maka bertobatlah mereka serta berkata: Sebagaimana TUHAN semesta alam bermaksud mengambil tindakan terhadap kita sesuai dengan tingkah laku kita dan perbuatan kita, demikianlah Ia mengambil tindakan terhadap kita!”

Melalui bagian ini, Tuhan juga sedang berseru kepada kita sekalian, yang sudah menjauh dari Tuhan, yang tidak lagi mendengarkan firman-Nya dan yang tidak lagi menaati segala perintah-Nya. Bahkan, kita yang telah meninggalkan-Nya dengan mengikuti illah lain dan sujud menyembahnya. Saat ini juga, Tuhan sedang menantikan kita untuk meresponi-Nya dengan benar, yakni bertobat dengan kembali kepada Tuhan, serta hidup menaati-Nya sehingga Tuhan memberkati dan melindungi kita.

STUDI PRIBADI : Apakah yang menjadi seruan untuk disampaikan nabi Zakharia kepada bangsa Israel ?

Pokok Doa : Berdoalah bagi segenap jemaat Tuhan agar mereka yang telah jatuh ke dalam berbagai dosa boleh menjadi sadar dan bertobat dari segala perilaku dan tindakan jahat itu, Amin. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *