Sampai Masa Tuaku

Bacaan hari ini: Mazmur 71-72, Bacaan setahun: Mikha 1-3

 

“Sebab Allah akan menyelamatkan Sion dan membangun…, supaya orang-orang diam di sana dan memilikinya; anak cucu hamba-hamba-Nya akan mewarisinya, dan orang-orang yang mencintai nama-Nya akan diam di situ.” (Mazmur 69:36-37)

Selanjutnya, Mazmur 71, mengajarkan kepada kita bahwa pemazmur berdoa untuk masa tuanya; supaya tidak mendapat malu, sebagai orang yang berlindung dan yang berbicara tentang keadilan Tuhan bahkan sejak muda telah hidup dalam percaya kepada Tuhan. Oleh sebab itu, permohonan pemazmur ini juga menyadarkan kita untuk tetap percaya bahwa Tuhan tidak pernah membuang dan meninggalkan kita pada masa tua, bahkan di saat kekuatan kita habis. Sebaliknya pemazmur mendorong tiap kita untuk tetap berharap kepada Tuhan, memuji-muji Tuhan dan selalu menceritakan keadilan Tuhan serta keselamatan yang telah diberikan-Nya melalui karya perbuatan tangan-Nya yang ajaib.

Mazmur 72, membukakan mata rohani kita bahwa harapan yang patut untuk kita mohonkan kepada Allah adalah berdoa bagi para pemimpin kita supaya mereka hidup berdasarkan hukum-hukum Allah dan supaya Allah mencurahkan berkat-berkat-Nya bagi mereka. Seorang raja (pemimpin) adalah hamba Allah yang diberikan kepercayaan untuk memimpin, mengarahkan dan mengambil keputusan yang seadil-adilnya. Oleh sebab itu, mendoakan para pemimpin berarti juga menyadari bahwa tanggung jawab yang diemban oleh para pemimpin adalah sangat berat dan sangat beresiko. Dan yang paling penting telah disampaikan pemazmur, bahwa ketika raja (pemimpin) dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik maka nama Tuhan saja yang akan dimuliakan dan kemuliaan- Nya akan memenuhi seluruh bumi.

Selama kita hidup sebagai anak Tuhan, marilah kita selalu berdoa dan memohon kepada Allah, supaya sampai masa tua kita, kita dapat terus menjadi alat di tangan-Nya untuk terus menceritakan kemuliaan nama- Nya. Termasuk ketika kita memiliki sebuah kerinduan yang besar untuk berdoa dan memohon bagi para pemimpin bangsa kita. Sehingga melalui segala keputusan yang diambil oleh para pemimpin kita, seluruh rakyat, termasuk diri kita, dapat melihat kemuliaan Tuhan yang dinyatakan dalam kehidupan ini.

STUDI PRIBADI:   

(1) Apa yang dapat kita pelajari dari Mazmur ini untuk kehidupan masa depan?
(2) Apa doa pribadi Anda tentang apa yang kita ingin TUHAN kerjakan dalam hidup!

Berdoalah: Tuhan Yesus, Juruselamat kami, kiranya kasih setia-Mu dan penyertaan-Mu senantiasa nyata di dalam kehidupanku, selama aku hidup di dalam dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *