Tenang Dalam Hadirat-Nya

Bacaan hari ini: Mazmur 25-27 “Satu hal telah kuminta kepada TUHAN, itulah yang kuingini: diam di rumah TUHAN seumur hidupku, menyaksikan kemurahan TUHAN dan menikmati bait-Nya.” (Mazmur 27:4)

Apabila Anda diserang, difitnah, dan diancam, kepada siapakah Anda akan pergi berlindung? Adakah tempat yang cukup aman di bumi ini bagi Anda? Di manakah tempat berlindung yang sejati bagi Anda? Dalam bagian ini, kita tahu bahwa Daud menyatakan dengan tegas bahwa dalam hadirat Tuhan lah dirinya mendapatkan pertolongan, perlindungan, dan keselamatan.

Bagi Daud, kehadiran Tuhan merupakan hal yang paling penting dan berharga di dalam hidupnya pribadi. Karena itu, Daud memohonkannya dengan tanpa mengenal lelah. Boleh dikatakan bahwa doa permohonan akan kehadiran Tuhan ini sesungguhnya menyatakan akan kedekatan Daud kepada Tuhan yang menjadi andalannya dalam menghadapi orang-orang yang menuduhnya dengan sewenang-wenang (ayat 1-6). Baginya, kehadiran Tuhan membuatnya tenang dan tidak takut terhadap mereka yang menentang dan memusuhinya (ayat 7-13). Bahkan, baginya, tinggal dalam rumah Tuhan dan berada dalam perlindungan Tuhan merupakan kebahagiaan tertinggi (ayat 4). Apabila digambarkan, kebahagiaan Daud ini seperti kebahagiaan seorang anak kecil yang merasakan betapa nikmat kenyamanan, keamanan, dan kedamaian karena berada di dalam rumah bersama dengan papa yang selalu menjaga serta melindunginya.

Bagaimanakah dengan kondisi Anda saat ini? Apakah Anda sedang mengalami kesesakan oleh karena banyaknya orang yang memfitnah, mengancam, menentang, dan memusuhi, bahkan ingin menghancurkan kehidupan Anda? Jangalah takut kepada mereka dan janganlah cemas akan semuanya itu. Ingatlah bahwa kita punya Tuhan yang adalah Bapa kita yang selalu hadir dan siap menolong kita di tengah-tengah kesesakan yang sedang kita alami. Karena itu, seperti Daud, datang dan mendekat kepada-Nya. Kedekatannya itu dibinanya melalui kehidupan doanya yang sangat bergatung kepada Tuhan (ayat 7-12). Marilah kita bina hubungan pribadi kita bersama Tuhan dengan baik. Mulailah dengan rajin datang kepada-Nya dalam doa dan merenungkan firman-Nya.

STUDI PRIBADI:
  1. Apa yang dialami Daud dalam Mazmur 27 ini? Bagaimana solusi dari persoalan yang dialami Daud ini?
  2. Berkat rohani apa yang dapat kita pelajari dari sini?
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi jemaat TUHAN agar tetap bersandar dan selalu mengandalkan TUHAN, ketika diizinkan menghadapi berbagai pergumulan dan kesulitan hidup, Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *