Berdoa untuk Pemimpin Bangsa

Bacaan hari ini: Mazmur 20-21:14
“Kiranya diberikan-Nya kepadamu apa yang kau kehendaki dan dijadikan-Nya berhasil apa yang kaurancang.” (Mazmur 20:5)

Mazmur 20 dan 21 adalah satu Mazmur doa dan nyanyian untuk raja sebagai pemimpin bangsa. Bila dalam konteks negara kita hari ini mungkin bisa disejajarkan dengan doa untuk presiden. Seorang pemimpin negara walau kedudukannya tinggi, dia tetaplah manusia biasa, mempunyai kelemahan dan keterbatasan, karena itu perlu kita dukung dan doakan. Doakan supaya Tuhan lindungi dan sertai selalu (ayat 2). Doakan supaya kelemahannya bisa semakin hari semakin berkurang dan kelebihannya bisa semakin hari semakin bertambah. Pemazmur berkata: “Kiranya diberikan-Nya kepadamu apa yang kau kehendaki dan dijadikan-Nya berhasil apa yang kaurancang” (ayat 5).

Pemazmur mendoakan supaya apa yang direncanakan dan dirancang oleh raja dalam pelaksanaannya bisa berhasil. Mungkin saat ini kita tahu program pemerintah. Sebagai rakyat, kita haruslah mendukung program mereka, dan sebagai bentuk sederhana dukungan kita adalah mendoakan mereka. Bawalah mereka dalam doa pribadi maupun doa syafaat kita di gereja. Kita juga harus mendoakan supaya pemimpin bangsa kita punya hati nurani yang takut pada Tuhan dan selalu mengandalkan Tuhan, seperti tertulis, “Orang ini memegahkan kereta dan orang ini memegahkan kuda, tetapi kita bermegah dalam nama Tuhan, Allah kita” (ayat 8).

Kita juga harus doakan supaya apa yang diprogramkan dan dikerjakan menjadi berkat bagi rakyatnya. “Ya Engkau membuat dia menjadi berkat untuk seterusnya; Engkau memenuhi dia dengan suka cita di hadapan-Mu” (Mazmur 21:7). Pokok doa berikutnya adalah mendoakan supaya Tuhan menjauhkan para pemimpin kita dari musuh-musuh yang jahat. Kita harus mendoakan supaya para pemimpin kita bisa bekerja dengan baik, tidak dikacaukan oleh orang-orang atau kelompok-kelompok yang selalu tidak puas dan selalu membikin ulah. Ketika ada orang yang ingin mengacaukan satu pemerintah sah dan pemerintah yang diperkenan Tuhan, maka Alkitab mengatakan bahwa para musuh raja sebenarnya sedang berhadapan dengan Tuhan (Mamur 21:9-14).

STUDI PRIBADI: Berapa sering kita berdoa bagi pemerintah? Siapapun mereka, jika Tuhan izinkan terpilih, percayalah bahwa itu adalah seizin Tuhan dan kita wajib mendoakannya.
DOAKAN BERSAMA: Berdoalah bagi pemimpin bangsa Indonesia. Kiranya Tuhan memberkati hasil kerjanya, Tuhan memberi hikmat bijaksana dalam menata pemerintahan sehingga dapat mewujudkan keadilan sosial bagi rakyatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *