Alat di Tangan Tuhan

Bacaan hari ini: Ester 10
“…sebab ia mengikhtiarkan yang baik bagi bangsanya dan berbicara untuk keselamatan bagi semua orang sebangsanya.” (Ester 10:3)

Mantan presiden Amerika, John F. Kennedy pernah berkata: “Jangan tanyakan apa yang dapat negara Anda lakukan untuk Anda, tanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk negara Anda”. Pernyataan ini mengajak orang-orang untuk tidak hanya memikirkan keuntungan diri sendiri, tetapi juga kepentingan orang banyak. Hal inilah yang ditunjukkan oleh Mordekhai. Mengetahui bangsanya berada dalam ancaman pemusnahan masal, dia tidak lari sendiri tetapi berupaya untuk menyelamatkan bangsanya.

Perikop-perikop yang lalu dalam kitab Ester telah mengisahkan bagaimana kemudian bangsa Israel diluputkan dari genosida. Mordekhai berperan besar dalam hal ini, karena itulah namanya dikenal oleh orang-orang Yahudi. Melalui perbuatan Mordekhai, bangsa Yahudi selamat dan ia menjadi orang kedua di kerajaan di bawah raja Ahasyweros.

Nama Mordekhai bisa berarti little man. Tapi sejarah mencatat bahwa Mordekhai bukan little man, melainkan great man. Karena perbuatannya, Mordekhai dihormati dan disukai oleh sanak saudaranya. Hari raya Purim yang masih diperingati oleh orang Yahudi sampai saat ini ada sebagai hasil dari tindakan kepahlawanan Mordekhai.

Namun sesungguhnya yang hebat bukanlah Mordekhai, tetapi Tuhan. Dalam kitab Ester, nama Tuhan memang tidak disebutkan, tapi kisah dalam kitab ini menyaksikan pemeliharaan Tuhan atas bangsa pilihan-Nya. Di tengah bangsa Israel yang melupakan Tuhan dan ada dalam pembuangan, Tuhan tidak melupakan umat-Nya. Tuhan memakai Mordekhai dan Ester untuk meluputkan orang-orang Yahudi dari pemusnahan massal.

Apabila Tuhan bisa memakai Mordekhai untuk menyelamatkan satu bangsa, Tuhan juga bisa memakai kita untuk menjadi berkat bagi bangsa kita. Pertanyaannya, apakah kita memiliki kepekaan seperti Mordekhai untuk melihat krisis di tengah negara kita? Maukah kita menjadi alat di tangan Tuhan untuk memberkati bangsa kita? Siapkah jika Tuhan memakai hidup kita untuk menyatakan kemuliaan-Nya?

STUDI PRIBADI:

  1. Apa hubungan Mordekhai dengan Ahasyweros?
  2. Apa yang membuat Mordekhai dihormati oleh orang Yahudi?

DOAKAN BERSAMA: Pokok Doa: Marilah setiap kita berdoa untuk bangsa kita, Indonesia, supaya kemuliaan Tuhan boleh dinyatakan di negeri ini. Tuhan boleh berbelas kasih dan negeri ini melihat kemuliaan dan kemurahan-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *