Sifat Kebenaran Iman

Kamis, 1 Agustus 2024


“Sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.” (2 Petrus 1:21)


Pembahasan: 2 Petrus 1:21 | Ayat Bacaan: 2 Petrus 1:12-21

Setiap dari kita pasti menginginkan berita terbaru atau update dari suatu kejadian atau suatu hari. Namun tidak jarang kita menemukan banyak sekali hoax tersebar. Hoax adalah sebuah berita yang tidak benar atau tidak sesuai dengan fakta. Hoax menjadi sangat gampang tersebar juga karena pengaruh internet. Maka dari itu, kita selalu dihimbau untuk jangan mudah percaya kepada satu berita, kita perlu mencari tahu apakah beritanya benar atau hoax. Kehadiran hoax sangat mengganggu, ketidakbenaran yang diciptakan oleh beberapa oknum dapat membawa banyak perselisihan dan kebencian di tengah-tengah masyarakat. Namun firman Tuhan bukan hoax. Firman Tuhan adalah kebenaran yang asalnya dari Allah. Para nabi yang dipilih Allah untuk menuliskan firman-Nya tidak menulis dengan sembarangan. Mereka memberitakan nubuat oleh dorongan Roh Kudus dan berbicara atas nama Allah. Dalam bimbingan Roh Allah, nabi Perjanjian Lama telah menubuatkan peristiwa kehidupan Yesus.

Ketika membaca dan merenungkan Alkitab, kita bisa yakin bahwa kita sedang mendengarkan suara Allah, bukan sekadar pendapat manusia. Roh Kudus berperan aktif dalam memberikan wahyu kepada para nabi dan para penulis Alkitab. Orang-orang yang dipilih untuk menerima wahyu dari Allah adalah mereka yang taat dan rendah hati. Nubuat dan firman yang diberikan oleh Allah melalui Roh Kudus adalah kebenaran yang abadi. Dalam dunia yang penuh dengan perubahan dan ketidakpastian, firman Tuhan tetap teguh dan bisa diandalkan. Hal ini mengingatkan kepada kita bahwa kembali kepada firman adalah satu-satunya cara untuk mengatasi dan menghadapi penyesatan.

Dengan tekun mempelajari dan memperhatikan firman Allah, kita tak gampang termakan oleh hoax yang menyesatkan. Firman Allah tertulis yaitu Alkitab bukan hanya karangan dari zaman dahulu, melainkan kisah para saksi mata tentang kebesaran Tuhan Yesus Kristus. Marilah kita bersyukur atas firman Tuhan yang diberikan kepada kita dan memohon agar Roh Kudus terus membimbing kita dalam memahami dan menerapkan firman itu dalam kehidupan kita.

STUDI PRIBADI: Apakah kita sudah menghargai Alkitab yang adalah kebenaran Allah selama hidup ini? Apa pandangan Anda secara pribadi akan Firman Allah?

Pokok Doa: Berdoa mohon pimpinan Roh Kudus untuk menuntun kita dalam membaca dan mempelajari Firman Tuhan. Berdoalah agar kita dimampukan untuk dapat melakukan kebenaran sesuai dengan Firman Tuhan.

Sharing Is Caring :

×

2 Petrus 1 : 12-21

12 Karena itu, aku senantiasa bermaksud mengingatkan kamu tentang semuanya itu, sekalipun kamu telah mengetahuinya dan teguh dalam kebenaran yang telah kamu terima.

13 Aku menganggap sebagai kewajibanku untuk tetap mengingatkan kamu akan semuanya itu selama aku belum menanggalkan kemah tubuhku ini.

14 Sebab aku tahu bahwa aku akan segera menanggalkan kemah tubuhku ini, sebagaimana yang telah diberitahukan kepadaku oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

15 Tetapi aku akan berusaha, supaya juga sesudah kepergianku itu kamu selalu mengingat semuanya itu.

Nubuat tentang kemuliaan Kristus telah digenapi

1:16-21
16 Sebab kami tidak mengikuti dongeng-dongeng isapan jempol manusia, ketika kami memberitahukan kepadamu kuasa dan kedatangan Tuhan kita, Yesus Kristus sebagai Raja, sebaliknya kami adalah saksi mata dari kebesaran-Nya.

17 Sebab Ia menerima kehormatan dan kemuliaan dari Allah Bapa, ketika datang kepada-Nya suara dari Yang Mahamulia, yang mengatakan, "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."

18 Kami sendiri mendengar suara itu datang dari surga, ketika kami bersama-sama dengan Dia di atas gunung yang kudus.

19 Dengan demikian, kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu.

20 Yang terutama harus kamu ketahui ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,

21 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

×

1 Yohanes 5 : 13

13 Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu bahwa kamu memiliki hidup yang kekal.

×

Yakobus 5 : 1-6

Peringatan kepada orang kaya

1 Jadi, sekarang hai kamu orang-orang kaya, menangislah dan merataplah atas sengsara yang akan menimpa kamu!

2 Kekayaanmu sudah busuk, dan pakaianmu telah dimakan ngengat!

3 Emas dan perakmu sudah berkarat, dan karatnya akan menjadi kesaksian terhadap kamu dan akan memakan dagingmu seperti api. Kamu telah mengumpulkan harta pada hari-hari terakhir.

4 Sesungguhnya telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam keluhan mereka yang menyabit panenmu.

5 Kamu telah hidup dalam kemewahan dan berfoya-foya di bumi, kamu telah memuaskan hatimu menjelang hari penyembelihan.

6 Kamu telah menghukum, bahkan membunuh orang benar dan ia tidak dapat melawan kamu.

×

Yakobus 5 : 7-11

Bersabar dalam penderitaan

7 Karena itu, Saudara-saudara, bersabarlah sampai kedatangan Tuhan! Sesungguhnya petani menantikan hasil yang berharga dari tanahnya dan ia sabar sampai telah turun hujan musim gugur dan hujan musim semi.

8 Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!

9 Saudara-saudara, janganlah kamu bersungut-sungut dan saling mempersalahkan, supaya kamu jangan dihukum. Sesungguhnya Hakim telah berdiri di ambang pintu.

10 Saudara-saudara, turutilah teladan penderitaan dan kesabaran para nabi yang telah berbicara demi nama Tuhan.

11 Sesungguhnya kita menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun; kamu telah mendengar tentang ketekunan Ayub dan kamu telah tahu apa yang pada akhirnya disediakan Tuhan baginya, karena Tuhan maha penyayang dan penuh belas kasihan.

×

Ibrani 10 : 17

17 dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan pelanggaran mereka."

×

Titus 1 : 8b-9

8b suka akan yang baik, bijaksana, adil, saleh, dapat menguasai diri

9 dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya.

×

Kisah Para Rasul 2 : 36

36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *