28 Juli 2024

Ringkasan Khotbah
28 Juni 2024

Bahan Pertemuan Kelompok Kecil

GEREJA TANPA KRISTUS

Wahyu 3 : 14-22

Seorang bayi dirayakan ulang tahunnya oleh orang tuanya di rumah. Keluarga dan rekan dari orang tua ini datang, kemudian makan dan minum, tetapi mereka tidak menyadari bayi ini tiba-tiba merangkak keluar dari tempat tidurnya menuju pagar dan ditabrak sepeda motor. Ironis ya? Apa jadinya jika gereja yang katanya merayakan kelahiran Yesus, tetapi sebenarnya gereja itu tidak ada Kristus di dalamnya? Hal itulah yang merupakan teguran Yesus kepada jemaat Laodikia di Wahyu 3:14-22. Surat Yohanes kepada jemaat Laodikia ini adalah surat ketujuh/terakhir (Why. 2:1-3:22). Kota Laodikia didirikan oleh Antiokhus II, keturunan salah satu jenderal dari Alexander Agung sekitar tahun 250 SM. Sebagai salah satu kota dalam kekaisaran Romawi, kota ini terkenal sebagai pusat perdagangan yang makmur sebagai penghasil kain wol, pakaian, dan permadani yang lembut dan mahal, pusat sekolah kedokteran yang menghasilkan salep mata, dan pusat perbankan.

Gereja Laodikia: Gereja yang Suam-suam Kuku
Gereja Laodikia kemungkinan didirikan oleh Epafras (Kol. 1:7; 4:12-13). Jemaat ini terkenal suka kompromi dengan agama-agama lain dan puas dengan segala kekayaan yang dimiliki kota ini. Oleh karena itu, surat kepada jemaat Laodikia merupakan surat yang paling keras dari ketujuh surat yang dikirim oleh Yohanes. Gereja ini disebut Yesus sebagai gereja yang suam-suam kuku (Why. 3:15, 16a, dan 17a). Mengapa disebut “suam-suam kuku”? Menurut konteksnya, Laodikia berada di antara Hierapolis (utara Laodikia) dan Kolose (Selatan/Tenggara Laodikia). Air panas Hierapolis berfungsi sebagai obat yang menyembuhkan dan air dingin di Kolose dapat diminum dan menyegarkan. Semua air dari Hierapolis dan Kolose yang tiba di Laodikia menjadi air yang suam-suam kuku. Air ini tidak dapat diminum dan membuat orang yang meminumnya menjadi sakit dan mau muntah (ay. 17b). Singkatnya, air yang suam-suam kuku berarti air yang tidak berguna (Grant R. Osborne, Revelation, 206). Mengapa Yesus menyebut jemaat Laodikia suam-suam kuku? Karena mereka puas diri dengan: kekayaan jasmani kota Laodikia (ay. 17a) dan mereka merasa kaya secara “rohani” tanpa Kristus (Osborne, Revelation, 206-207).

Pdt. Yakub Tri Handoko menyimpulkan gereja yang suam-suam kuku sebagai “jemaat yang merasa diri sudah cukup baik dan tidak menyadari kebutuhannya terhadap Kristus sehingga mereka menjadi tidak berguna bagi Kristus” (https://rec.or.id/apa-ciri-ciri-gereja-yang-suam-suam-kuku/). Ada dua macam gereja yang merasa puas diri: Gereja yang puas diri dengan kuantitas (jumlah jemaat dan jumlah cabang) dan gereja yang puas diri dengan kualitas (tradisi dan administrasi gereja dan doktrin). Kedua gereja ini mengabaikan pemberitaan Injil di mimbar khotbah gereja dan kehidupan sehari-hari.

Respons Kristus Terhadap Gereja yang Suam-suam Kuku
Pertama, muak (ay. 16). Di ayat 16, Yesus berkata, “Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.” Artinya Yesus jijik melihat gereja Laodikia yang kelihatan indah dan kaya di luar (kaya jasmani dan merasa kaya rohani), namun sebenarnya memuakkan di dalam. Ketika Kristus “mengunjungi” gereja kita, apakah Ia senang atau muak?

Kedua, sadar diri, bukan puas diri (ay. 17). Di ayat 17b, Dia berkata, “karena engkau tidak tahu bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,” Ada 3 kondisi utama jemaat Laodikia yang dibukakan oleh Yesus: Pertama, melarat atau miskin: meskipun tinggal di kota yang kaya jasmani, mereka sebenarnya miskin secara rohani karena mereka dibutakan oleh materi (2Ptr. 1:9) (Simon J. Kistemaker, Tafsiran Kitab Wahyu, 183-184); Kedua, buta: di kota penghasil salep mata terkenal, jemaat Laodikia disebut buta secara rohani alias tidak memahami kondisi mereka yang sesungguhnya; dan Ketiga, telanjang: meskipun terkenal sebagai penghasil kain wol dan pakaian, mereka telanjang di hadapan Allah dan siap dihakimi-Nya (Yes. 20:1-4; Yeh. 16:36; 23:10).

Ketiga, mulailah puas di dalam Kristus (ay. 18). Di ayat 18a, Ia berkata, “maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari Aku.” Yesus memakai kata “membeli” yaitu kata yang sarat dengan perdagangan yang cocok dengan jemaat Laodikia. Yesus ingin berkata, “Kamu biasanya membeli barang tapi di tempat yang salah yang membuat kamu berpuas diri. Belilah “sesuatu” di tempat yang pasti benar dan kekal yaitu Aku dan kamu akan puas di dalam-Ku.” Solusi dari Kristus bagi orang percaya yg telah berpuas diri adalah berpuas di dalam-Nya. Mereka bisa berpuas di dalam Kristus karena Ia telah memuaskan mereka (Yoh. 10:10b). Gereja/orang Kristen yang telah puas di dalam Kristus tidak akan mencari kepuasan dalam hal-hal lain di luar Kristus (kuantitas, tradisi dan administrasi gereja, maupun doktrin). Apa tanda gereja yang berpuas di dalam Kristus?

Pertama, menderita bagi Kristus. Kepada jemaat Laodikia yang miskin rohani, Kristus memerintahkan mereka untuk membeli emas murni (Why. 3:18a) yang berarti mereka harus dimurnikan oleh-Nya dari segala dosa melalui penderitaan (Ayb. 23:10; Ams. 27:21; Zak. 13:9; Mal. 3:2-3; 1Ptr. 1:6-9). Kristus memanggil orang percaya untuk siap menderita bagi-Nya (Mat. 16:24). Oleh karena itu, berhentilah mengomel di gereja untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak “mengenakkan,” tetapi berbuatlah sesuatu yang positif bagi-Nya di mana pun kita berada. Kedua, mengalami anugerah penebusan Kristus. Kepada mereka yang telanjang rohani, Kristus memerintahkan mereka untuk membeli pakaian putih (Why. 3:18b) yang melambangkan kebenaran yang dibasuh dengan darah Kristus (7:13-14). Sederhananya: “Bertobatlah dan terimalah anugerah kebenaran di dalam Kristus” (Osborne, Revelation, 210). Ketiga, melihat seperti Kristus melihat. Kepada mereka yang buta rohani, Kristus memerintahkan mereka untuk membeli minyak untuk mengoles mata mereka yang merujuk pada Kristus yang adalah terang dunia yang menerangi kebutaan rohani umat-Nya (Osborne, Revelation, 210). Yang Kristus lihat: hati yang tertuju pada-Nya, kerinduan untuk mengenal-Nya dan bertumbuh secara menyeluruh, dan kerinduan untuk bersaksi bagi-Nya.

Keempat, stop kompromi terhadap dosa, rindu komitmen bagi Kristus (ay. 19-20). Setelah menegur dan memberikan solusi, Ia mengingatkan mereka untuk: Pertama, segera bertobat (ay. 19) yaitu mengubah aspek kehidupan mereka untuk tidak kompromi terhadap dosa dan kembali kepada Kristus (G. K. Beale, The Book of Revelation, 307). Kedua, rindu berkomitmen bagi Kristus (ay. 20). Rindu berkomitmen bagi Kristus berarti mengikut Kristus (Mat. 16:24) yang ditandai dengan: Pertama, Kristus berhak mengontrol mutlak setiap aspek kehidupan kita. Kedua, taat kepada Kristus meskipun Dia dan kehendak-Nya bertentangan dengan asumsi, kebudayaan, dan kehendak kita dan dunia. “Gereja tanpa Kristus adalah gereja yang cepat berpuas diri dengan hal-hal di luar Kristus, tetapi Dia memimpin gereja-Nya untuk berpuas di dalam Kristus dan berkomitmen bagi-Nya.”

×

Wahyu 3 : 14-22

Kepada jemaat di Laodikia

3:14-22
14 "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, sumber dari ciptaan Allah:

15 Aku tahu segala pekerjaanmu: Engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!

16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

17 Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,

18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari Aku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.

19 Siapa yang Kukasihi, ia Kutegur dan Kuhajar; sebab itu, bersungguh-sungguhlah dan bertobatlah!

20 Lihat, Aku berdiri di depan pintu dan mengetuk; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk menemui dia dan makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

21 Siapa yang menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

22 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

×

Wahyu 2:1-3:22

Wahyu 2

Kepada jemaat di Efesus

2:1-7
1 "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Efesus: Inilah firman dari Dia, yang memegang ketujuh bintang itu di tangan kanan-Nya dan berjalan di antara ketujuh kaki pelita emas itu.

2 Aku tahu segala pekerjaanmu, baik jerih payahmu maupun ketekunanmu. Aku tahu bahwa engkau tidak dapat sabar terhadap orang-orang jahat bahwa engkau telah menguji mereka yang menyebut dirinya rasul, tetapi yang sebenarnya tidak demikian bahwa engkau telah mendapati mereka pendusta.

3 Engkau tetap sabar dan menderita karena nama-Ku; dan engkau tidak mengenal lelah.

4 Meskipun demikian, Aku mencela engkau, karena engkau telah meninggalkan kasihmu yang semula.

5 Sebab itu ingatlah betapa dalamnya engkau telah jatuh! Bertobatlah dan lakukanlah lagi apa yang semula engkau lakukan. Jika tidak demikian, Aku akan datang kepadamu dan Aku akan mengambil kaki pelitamu dari tempatnya, jikalau engkau tidak bertobat.

6 Tetapi ini yang ada padamu, yaitu engkau membenci segala perbuatan pengikut-pengikut Nikolaus, yang juga Kubenci.

7 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Siapa yang menang, dia akan Kuberi makan dari pohon kehidupan yang ada di Taman Firdaus Allah."

Kepada jemaat di Smirna

2:8-11
8 "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali:

9 Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu — namun engkau kaya — dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis.

10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antara kamu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.

11 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Siapa yang menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua."

Kepada jemaat di Pergamus

2:12-17
12 "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Pergamus: Inilah firman Dia, yang memakai pedang yang tajam dan bermata dua:

13 Aku tahu di mana engkau tinggal, yaitu di tempat takhta Iblis; dan engkau berpegang kepada nama-Ku, dan engkau tidak menyangkal imanmu kepada-Ku, juga tidak pada zaman Antipas, saksi-Ku, yang setia kepada-Ku, yang dibunuh di hadapan kamu, di mana Iblis tinggal.

14 Tetapi Aku mempunyai beberapa keberatan terhadap engkau: Di antaramu ada beberapa orang yang menganut ajaran Bileam, yang memberi nasihat kepada Balak untuk menyesatkan orang Israel, supaya mereka makan persembahan berhala dan berzina.

15 Demikian juga ada padamu orang-orang yang berpegang kepada ajaran pengikut Nikolaus.

16 Sebab itu, bertobatlah! Jika tidak demikian, Aku akan segera datang kepadamu dan Aku akan memerangi mereka dengan pedang yang di mulut-Ku ini.

17 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Siapa yang menang, kepadanya akan Kuberikan dari manna yang tersembunyi; dan Aku akan mengaruniakan kepadanya batu putih, yang di atasnya tertulis nama baru, yang tidak diketahui oleh siapa pun, selain oleh yang menerimanya."

Kepada jemaat di Tiatira

2:18-29

18 "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Tiatira: Inilah firman Anak Allah, yang mata-Nya bagaikan nyala api dan kaki-Nya bagaikan tembaga:

19 Aku tahu segala pekerjaanmu: Baik kasihmu maupun imanmu, baik pelayananmu maupun ketekunanmu. Aku tahu bahwa pekerjaanmu yang terakhir lebih banyak daripada yang pertama.

20 Tetapi Aku mencela engkau, karena engkau membiarkan wanita Izebel, yang menyebut dirinya nabiah, mengajar dan menyesatkan hamba-hamba-Ku supaya berzina dan makan persembahan-persembahan berhala.

21 Aku telah memberikan dia waktu untuk bertobat, tetapi ia tidak mau bertobat dari zinanya.

22 Lihatlah, Aku akan melemparkan dia ke atas ranjang orang sakit dan mereka yang berzina dengan dia akan Kulemparkan ke dalam kesukaran besar, jika mereka tidak bertobat dari perbuatan-perbuatan perempuan itu.

23 Anak-anaknya pun akan Kubunuh dan semua jemaat akan mengetahui bahwa Akulah yang menguji pikiran dan hati orang dan bahwa Aku akan membalaskan kepada kamu masing-masing menurut perbuatanmu.

24 Tetapi kepada kamu, yaitu orang-orang lain di Tiatira, yang tidak mengikuti ajaran itu dan tidak menyelidiki apa yang mereka sebut seluk-beluk Iblis, kepada kamu Aku berkata: Aku tidak mau menanggungkan beban lain kepadamu.

25 Tetapi apa yang ada padamu, peganglah itu sampai Aku datang.

26 Siapa yang menang dan melakukan pekerjaan-Ku sampai kesudahannya, kepadanya akan Kukaruniakan kuasa atas bangsa-bangsa;

27 dan ia akan memerintah mereka dengan tongkat besi; mereka akan diremukkan seperti tembikar tukang periuk — sama seperti kuasa yang Kuterima dari Bapa-Ku —

28 dan kepadanya akan Kukaruniakan bintang timur.

29 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Wahyu 3

Kepada jemaat di Sardis

3:1-6
1 "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Sardis: Inilah firman Dia, yang memiliki ketujuh Roh Allah dan ketujuh bintang itu: Aku tahu segala pekerjaanmu: Engkau dikatakan hidup, padahal engkau mati!

2 Bangunlah, dan kuatkanlah apa yang masih tinggal yang sudah hampir mati, sebab tidak satu pun dari pekerjaanmu Aku dapati sempurna di hadapan Allah-Ku.

3 Karena itu, ingatlah apa yang telah kauterima dan dengar; turutilah itu dan bertobatlah! Karena jikalau engkau tidak berjaga-jaga, Aku akan datang seperti pencuri dan engkau tidak tahu kapan saatnya Aku tiba-tiba datang kepadamu.

4 Tetapi di Sardis ada beberapa orang yang tidak mencemarkan pakaiannya; mereka akan berjalan dengan Aku dalam pakaian putih, karena mereka layak untuk itu.

5 Siapa yang menang, kepadanya akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.

6 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Kepada jemaat di Filadelfia

3:7-13

7 "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.

8 Aku tahu segala pekerjaanmu: Lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorang pun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

9 Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan sujud di depan kakimu dan mereka akan tahu bahwa Aku mengasihi engkau.

10 Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Aku pun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang tinggal di bumi.

11 Aku datang segera. Peganglah terus apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.

12 Siapa yang menang, ia akan Kujadikan tiang di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari surga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru.

13 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

Kepada jemaat di Laodikia

3:14-22
14 "Tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Laodikia: Inilah firman dari Amin, Saksi yang setia dan benar, sumber dari ciptaan Allah:

15 Aku tahu segala pekerjaanmu: Engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!

16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

17 Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,

18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari Aku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.

19 Siapa yang Kukasihi, ia Kutegur dan Kuhajar; sebab itu, bersungguh-sungguhlah dan bertobatlah!

20 Lihat, Aku berdiri di depan pintu dan mengetuk; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk menemui dia dan makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

21 Siapa yang menang, ia akan Kududukkan bersama-sama dengan Aku di atas takhta-Ku, sebagaimana Aku pun telah menang dan duduk bersama-sama dengan Bapa-Ku di atas takhta-Nya.

22 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat."

×

Kolose 1 : 7

7 Semuanya itu telah kamu ketahui dari Epafras, kawan pelayan yang kami kasihi, yang bagi kamu adalah pelayan Kristus yang setia.

×

Kolose 4 : 12-13

12 Salam dari Epafras kepada kamu; ia seorang dari antara kamu, hamba Kristus Yesus, yang selalu bergumul dalam doanya untuk kamu, supaya kamu berdiri teguh, sebagai orang-orang yang dewasa dan berkeyakinan penuh dalam segala hal yang dikehendaki Allah.

13 Sebab aku dapat bersaksi tentang dia bahwa ia sangat bersusah payah untuk kamu dan untuk mereka yang di Laodikia dan Hierapolis.

×

Wahyu 3 : 15

15 Aku tahu segala pekerjaanmu: Engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!

×

Wahyu 3 : 16a

16a Jadi karena engkau suam-suam kuku,

×

Wahyu 3 : 17a

17a Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa,

×

Wahyu 3 : 17b

17b dan karena engkau tidak tahu bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,

×

Wahyu 3 : 16

16 Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

×

Wahyu 3 : 17

17 Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,

×

Yesaya 20 : 1-4

1 Pada tahun ketika panglima yang dikirim oleh Sargon, raja Asyur, tiba di Asdod lalu memerangi dan merebutnya,

2 pada waktu itu berfirmanlah TUHAN melalui Yesaya bin Amos. Firman-Nya: "Pergilah dan bukalah kain kabung dari pinggangmu dan tanggalkanlah kasut dari kakimu," lalu iapun berbuat demikian, maka berjalanlah ia telanjang dan tidak berkasut.

3 Berfirmanlah TUHAN: "Seperti hamba-Ku Yesaya berjalan telanjang dan tidak berkasut tiga tahun lamanya sebagai tanda dan alamat terhadap Mesir dan terhadap Etiopia,

4 demikianlah raja Asyur akan menggiring orang Mesir sebagai tawanan dan orang Etiopia sebagai buangan, tua dan muda, telanjang dan tidak berkasut dengan pantatnya kelihatan, suatu penghinaan bagi Mesir.

×

Yehezkiel 16 : 36

36 Beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena engkau menghamburkan kemesumanmu dan auratmu disingkapkan dalam persundalanmu dengan orang yang mencintaimu dan dengan berhala-berhalamu yang keji dan oleh karena darah anak-anakmu yang engkau persembahkan kepada mereka,

×

Yehezkiel 23 : 10

10 Mereka menyingkapkan auratnya, anak-anaknya lelaki dan perempuan ditangkap dan ia sendiri dibunuh dengan pedang. Dengan demikian namanya dipercakapkan di antara kaum perempuan sebab hukuman telah dijatuhkan atasnya.

×

Wahyu 3 : 18

18 maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari Aku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.

×

Wahyu 3 : 18a

18a maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari Aku emas yang telah dimurnikan dalam api,

×

Yohanes 10 : 10b

10b Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dengan berlimpah-limpah.

×

Ayub 23 : 10

10 Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.

×

Amsal 27 : 21

21 Kui untuk melebur perak dan perapian untuk melebur emas, dan orang dinilai menurut pujian yang diberikan kepadanya.

×

Zakharia 13 : 9

9 Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. Mereka akan memanggil nama-Ku, dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku!"

×

Maleakhi 3 : 2-3

2 Siapakah yang dapat tahan akan hari kedatangan-Nya? Dan siapakah yang dapat tetap berdiri, apabila Ia menampakkan diri? Sebab Ia seperti api tukang pemurni logam dan seperti sabun tukang penatu.

3 Ia akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan Ia mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar kepada TUHAN.

×

1 Petrus 1 : 6-9

6 Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan.

7 Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu — yang jauh lebih tinggi nilainya daripada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api — sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya kelak.

8 Sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihi-Nya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihat-Nya. Kamu bergembira dengan rasa sukacita yang mulia dan tidak terkatakan,

9 karena kamu telah mencapai tujuan imanmu, yaitu keselamatan jiwamu.

×

Matius 16 : 24

24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Jika seseorang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.

×

Wahyu 7 : 13-14

13 Lalu salah seorang dari antara tua-tua itu berkata kepadaku, "Siapakah mereka yang memakai jubah putih itu dan dari manakah mereka datang?"

14 Aku berkata kepadanya, "Tuanku, Tuan mengetahuinya." Lalu ia berkata kepadaku, "Mereka ini orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.

×

Wahyu 3 : 19-20

19 Siapa yang Kukasihi, ia Kutegur dan Kuhajar; sebab itu, bersungguh-sungguhlah dan bertobatlah!

20 Lihat, Aku berdiri di depan pintu dan mengetuk; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk menemui dia dan makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

×

Wahyu 3 : 19

19 Siapa yang Kukasihi, ia Kutegur dan Kuhajar; sebab itu, bersungguh-sungguhlah dan bertobatlah!

×

Wahyu 3 : 20

20 Lihat, Aku berdiri di depan pintu dan mengetuk; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk menemui dia dan makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

×

2 Petrus 1 : 9

9 Tetapi siapa saja yang tidak memiliki semuanya itu menjadi buta dan picik, karena ia lupa bahwa dosa-dosanya yang dahulu telah dihapuskan.

×

Wahyu 3 : 18b

18b agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat..

  1. Sudahkah kita dan gereja kita dipuaskan oleh Kristus?
  2. Siapkah kita ketika Kristus mengontrol mutlak setiap aspek kehidupan kita?
  3. Siapkah kita menaati Kristus, meskipun itu bertentangan dengan kita dan dunia
Sebutkan langkah praktis Anda untuk berpuas di dalam Kristus dan mengikut-Nya.
Meminta Allah yang telah memuaskan kita di dalam Kristus mendorong kita untuk berpuas di dalam-Nya dan terus-menerus berkomitmen/mengikut-Nya.
Download Ringkasan Khotbah
Download Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah