Menjadi Ciptaan Baru

Rabu, 19 Juni 2024


“Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia. Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.” (Gal. 6:14-15)


Pembahasan: Galatia 6:14 | Ayat Bacaan: Galatia 6:11-18

Orang-orang Kristen Yahudi di Galatia berpandangan bahwa orang Kristen non-Yahudi harus disunat terlebih dahulu agar benar-benar menjadi Kristen. Ironisnya, meskipun memaksakan sunat sebagai syarat (tanda lahiriah), mereka sendiri tidak memelihara hukum Taurat (kehidupan rohani) dengan sungguh-sungguh. Selain itu, sunat juga dijadikan cara untuk menghindari penganiayaan yang muncul sebagai konsekuensi iman mereka. Orang-orang ini memilih berpijak di atas doktrin yang keliru ketimbang dianiaya karena iman kepada Kristus. Hal inilah yang ditentang keras oleh rasul Paulus.

Mereka adalah orang-orang munafik yang menuntut orang lain menaati ajaran mereka, sementara mereka sendiri menghindar dari semua beban berat itu. Paulus menulis bahwa ia memiliki tanda-tanda lahiriah di tubuhnya. Ini nampaknya merujuk kepada bekas luka akibat penganiayaan dalam pemberitaan Injil. Namun, Paulus tidak bermegah atas tanda-tanda tersebut. Ia hanya bermegah di dalam salib Kristus. Bagi Paulus, yang penting bukan tanda lahiriah, melainkan menjadi ciptaan baru di dalam Kristus.

Di dalam kekristenan, menjadi ciptaan baru bukanlah sekadar menunjukkan perubahan penampilan lahiriah atau memakai atribut-atribut Kristen (seperti memakai kalung salib atau simbol Kristen lainnya). Bukan juga sekadar perubahan gaya hidup: bila sebelumnya tidak pernah ke gereja, sekarang jadi rajin ke gereja; bila dulunya tidak mau tahu, sekarang justru terlibat aktif dalam banyak aktivitas gereja. Semua itu baik, tapi bukan itu esensinya. Ketika kekristenan hanya berhenti sebatas pada tanda lahiriah, maka ada begitu banyak kerugian rohani yang akan dialami orang Kristen. Pertumbuhan iman mengalami kemandegan, bahkan tak jarang yang muncul justru adalah kemunafikan dan kesalehan palsu.

Menjadi ciptaan baru di dalam Kristus mensyaratkan perubahan rohani yang terjadi di dalam diri, meninggalkan dosa lama, membuang kebiasaan buruk, memliki kerinduan untuk mengenal Tuhan lebih dalam, serta hidup menjadi saksi Kristus.

STUDI PRIBADI: Apakah kita sudah menjadi ciptaan baru di dalam Kristus? Adakah tanda rohani dalam hidup kita sebagai ciptaan baru?

Pokok Doa: Berdoa memohon pertolongan Allah Roh Kudus agar kita tidak jatuh dalam kemunafikan dan kesalehan palsu, tetapi mengalami perubahan hidup sejati, menjadi ciptaan baru di dalam Kristus.

×

Galatia 6 : 11-18

Peringatan dan salam

11 Lihatlah, bagaimana besarnya huruf-huruf yang kutulis kepadamu dengan tanganku sendiri.

12 Mereka yang secara lahiriah suka menonjolkan diri, merekalah yang berusaha memaksa kamu untuk bersunat, hanya dengan maksud, supaya mereka tidak dianiaya karena salib Kristus.

13 Sebab mereka yang menyunatkan dirinyapun, tidak memelihara hukum Taurat. Tetapi mereka menghendaki, supaya kamu menyunatkan diri, agar mereka dapat bermegah atas keadaanmu yang lahiriah.

14 Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia.

15 Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.

16 Dan semua orang, yang memberi dirinya dipimpin oleh patokan ini, turunlah kiranya damai sejahtera dan rahmat atas mereka dan atas Israel milik Allah.

17 Selanjutnya janganlah ada orang yang menyusahkan aku, karena pada tubuhku ada tanda-tanda milik Yesus.

18 Kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus menyertai roh kamu, saudara-saudara! Amin.

×

Roma 11 : 11

11 Maka aku bertanya: Adakah mereka tersandung dan harus jatuh? Sekali-kali tidak! Tetapi oleh pelanggaran mereka, keselamatan telah sampai kepada bangsa-bangsa lain, supaya membuat mereka cemburu.

×

Roma 6 : 1

1 Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya semakin bertambah kasih karunia itu?.

×

Roma 6 : 10

10 Sebab kematian-Nya adalah kematian terhadap dosa, satu kali dan untuk selama-lamanya, dan kehidupan-Nya adalah kehidupan bagi Allah.

×

Roma 6 : 13

13 Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran.

×

Roma 5 : 3-6

3 Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan,

4 dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

6 Karena waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka pada waktu yang ditentukan oleh Allah.

×

Kisah Para Rasul 2 : 36

36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

Sharing Is Caring :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *