31 Maret 2024

Ringkasan Khotbah
31 Maret 2024

Bahan Pertemuan Kelompok Kecil

PENGHARAPAN DI TENGAH DUNIA BERDOSA

1 Korintus 15 : 12-20

Ada banyak orang yang memahami peristiwa kebangkitan Yesus sebagai peristiwa ahistoris. Karena itu mereka melihatnya sebagai sesuatu yang tidak masuk akal, halusinasi para murid Yesus saja atau sebuah mitos yang diajarkan oleh gereja selama berabad-abad, dan pandangan-pandangan serupa yang intinya menolak peristiwa Kebangkitan Tuhan Yesus. Pergumulan yang sama juga muncul di dalam jemaat Korintus, sehingga rasul Paulus memerlukan sebuah pembahasan tersendiri mengenai kebangkitan Kristus dan artinya bagi orang percaya.

Secara khusus, Paulus beranjak dari sebuah keyakinan dasar bahwa Yesus telah mati karena dosa-dosa kita, Yesus dikuburkan dan bangkit dari kematian pada hari yang ke tiga, kemudian menampakkan diri kepada banyak orang termasuk kepada Paulus sendiri, sampai kepada makna kebangkitan Kristus buat semua orang percaya. Ini adalah kebenaran dasar dari iman Kristen. Ini pula yang Paulus ajarkan kepada jemaat Korintus. Sayangnya, ada jemaat yang menolak fakta kebangkitan Tuhan Yesus, karena itu Paulus menulis bagian ini sebagai jawaban atas ketidakpercayaan orang-orang tersebut.

Sekarang Paulus membahas dan melawan pandangan yang bukan saja meragukan tapi juga menolak kebangkitan Tuhan Yesus. Paulus memulai argumentasinya dengan mengandaikan Kristus tidak bangkit dari kematian, maka apa yang akan terjadi? Ini beberapa hal yang Paulus sampaikan: Pertama, Pemberitaan Paulus dan para rasul lainnya tentang Injil akan menjadi sia-sia. Kedua, Paulus telah berbohong dan menjadikan Allah juga pendusta jika benar Yesus tidak bangkit. Ketiga, jika Yesus tidak bangkit, maka semua manusia tetap tinggal di dalam dosa dan tidak ada keselamatan sama sekali. Kesimpulannya: jika Kristus tidak bangkit maka seluruh kepercayaan kita menjadi sia-sia, semua manusia tetap ada di dalam dosa dan binasa dalam kekekalan. Begitu juga Allah telah berdusta karena semua janji dan rencana-Nya tidak tergenapi sama sekali.

Jadi kebangkitan Kristus memiliki arti yang sangat penting bagi orang percaya. Melalui kebangkitan-Nya, Dia telah menang atas dosa dan maut. Kemenangan Kristus juga menjadi kemenangan kita karena kebangkitan-Nya memeteraikan kemenangan tersebut. Kebangkitan Kristus adalah yang sulung dari kebangkitan semua orang mati, memberikan jaminan bahwa kita pun akan mengalami kebangkitan kelak dalam tubuh kemuliaan, sekaligus jaminan bahwa kita yang percaya kepada-Nya mendapatkan keselamatan dan kemenangan bersama-sama dengan Kristus.

Dunia sekarang adalah dunia yang telah jatuh dan tercemar oleh dosa. Dosa membawa konsekuensi yang besar yakni murka Allah dan penghakiman-Nya. Maut dan kebinasaan menjadi upah dari dosa yang harus diterima oleh manusia (Roma 6:23). Tidak ada jalan keluar dari pihak manusia untuk meloloskan diri dari murka dan penghakiman Allah. Jawaban dan jalan keluar satu-satunya, Allah sediakan melalui Tuhan Yesus Kristus. Kematian-Nya sebagai korban penghapus dosa dan kebangkitan-Nya menjadi jalan bagi setiap orang untuk mendapatkan keselamatan melalui iman kepada Kristus. Karena itu, kita merayakan paskah bukan karena sekadar memperingati hari bersejarah, kebangkitan Kristus di masa lalu saja. Paskah memiliki makna penting karena kita yang percaya pun mendapatkan jaminan dan kemenangan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Inilah Injil yang Paulus beritakan kepada banyak orang. Inilah makna dari kebangkitan Kristus.

Jadi, bagi kita sekarang ini, Paskah menjadi sebuah momen penting yang patut kita syukuri. Paskah menyatakan dengan jelas, bahwa kita memiliki kemenangan bersama-sama Kristus yang bangkit. Karena Dia bangkit maka kita pun mendapatkan jaminan dan kemenangan yang sama. Akan tetapi tidak berhenti di sana, karena Paskah juga mengingatkan kita betapa banyak orang yang masih hidup di dalam dosa dan akan mendapatkan penghukuman kekal; tidak memiliki keselamatan dan jaminan akan hidup kekal. Betapa banyak orang yang masih mencari dan merindukan keselamatan kekal di dalam Kristus. Jadikan momen Paskah ini sebagai dorongan bagi kita untuk berbagi berita keselamatan yang dirindukan banyak orang, supaya mereka boleh mendapatkan anugerah keselamatan dan kemenangan di dalam Kristus.

×

Roma 6 : 23

23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

×

Matius 9 : 30

30 Maka meleklah mata mereka. Dan Yesuspun dengan tegas berpesan kepada mereka, kata-Nya: "Jagalah supaya jangan seorangpun mengetahui hal ini."

×

Matius 17 : 9

9 Pada waktu mereka turun dari gunung itu, Yesus berpesan kepada mereka: "Jangan kamu ceriterakan penglihatan itu kepada seorangpun sebelum Anak Manusia dibangkitkan dari antara orang mati."

×

Zakharia 9 : 9

9 Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

×

Matius 21 : 4-5

4 Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi:

5 "Katakanlah kepada puteri Sion: Lihat, Rajamu datang kepadamu, Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda."

×

Matius 21 : 7

7 Mereka membawa keledai betina itu bersama anaknya, lalu mengalasinya dengan pakaian mereka dan Yesuspun naik ke atasnya.

×

Matius 21 : 8

8 Orang banyak yang sangat besar jumlahnya menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang memotong ranting-ranting dari pohon-pohon dan menyebarkannya di jalan.

×

2 Raja-raja 9 : 13

13 Segeralah mereka masing-masing mengambil pakaiannya dan membentangkannya di hadapan kakinya begitu saja di atas tangga, kemudian mereka meniup sangkakala serta berseru: "Yehu raja!"

×

Matius 21 : 9

9 Dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!"

×

2 Samuel 14 : 4

4 Ketika perempuan Tekoa itu masuk menghadap raja, sujudlah ia dengan mukanya ke tanah dan menyembah, sambil berkata: "Tolonglah, ya tuanku raja!"

×

2 Raja-raja 6 : 26

26 Suatu kali ketika raja Israel berjalan di atas tembok, datanglah seorang perempuan mengadukan halnya kepada raja, sambil berseru: "Tolonglah, ya tuanku raja!"

×

Matius 23 : 39

39 Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat Aku lagi, hingga kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!"

×

Matius 21 : 10-11

10 Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: "Siapakah orang ini?"

11 Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea."

  1. Bagikan kepada orang lain dalam kelompok, apa yang anda pahami dari kotbah ini mengenai Kebangkitan Kristus dan implikasinya bagi setiap orang percaya? Apa yang akan terjadi jika Kristus tidak bangkit dari kematian?
  2. Menurut Anda bagaimana seharusnya kita merayakan Paskah? Mengapa demikian?
  3. Bagaimanakah berita Paskah ini bisa kita sampaikan kepada lebih banyak orang yang masih merindukan keselamatan?
  1. Tuliskanlah ucapan syukur Anda kepada Tuhan Yesus yang kita rayakan saat Paskah ini!
  2. Kepada siapakah Anda akan berbagi dan bersaksi tentang berita kemenangan dan kelepasan atas dosa bagi orang-orang yang percaya kepada Kristus?
  1. Bersyukur bersama-sama untuk anugerah dan keselamatan yang kita terima dari Tuhan Yesus yang telah menang dan bangkit
  2. Doakan orang-orang yang hendak kita datangi untuk berbagi berita Paskah, yakni kemenangan dan kelepasan dari belenggu dosa.
Download Ringkasan Khotbah
Download Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah