29 Oktober 2023

RINGKASAN KHOTBAH
29 OKTOBER 2023

Bahan Pertemuan Kelompok Kecil

DIMENANGKAN UNTUK MEMENANGKAN
Yesaya 66 : 18-23

Saat seseorang menciptakan sesuatu, maka ia memiliki rancangan dan menentukan tujuan dari ciptaannya tersebut. Sebagai contoh, saat Alexander Graham Bell menemukan pesawat telefon, maka ia menetapkan tujuan dari alat tersebut adalah untuk bisa menolong seseorang berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak yang jauh dengan lebih mudah. Kalau segala sesuatu yang dibuat manusia memiliki tujuan, maka untuk tujuan apakah Allah bertindak menyelamatkan kita? Pesan ini yang bisa kita telusuri bersama di dalam pasal terakhir dari kitab Yesaya ini.

Yesaya 66 merupakan pasal terakhir dari kitab Yesaya. Ada 2 hal yang saling berkaitan di dalam pasal ini. Hal pertama yang diangkat oleh nabi Yesaya adalah berita penghukuman. Setidaknya dalam beberapa ayat kita melihat, Tuhan menyatakan akan menghukum mereka yang terus menerus melawan Tuhan dan yang telah menindas umat Allah (ayat 2 – 4; 5 – 17 dan 24). Sementara hal kedua yang dinyatakan adalah berita kemenangan. Allah tidak tinggal diam melihat penderitaan umat-Nya. Perhatikan cara Allah menolong membebaskan umat-Nya dalam beberapa ayat, yaitu yat 5 – 14.

Tentu saja Allah bertindak melepaskan dan memberikan kemenangan bagi umat-Nya dengan sebuah tujuan: memproklamasikan Allah di antara bangsa-bangsa yang belum mengenal Allah. Beberapa penafsir menyejajarkan Yesaya 66: 18-19 dengan Amanat Agung Tuhan Yesus sendiri. Jadi perintah untuk memberitakan Kabar Baik bukan hanya muncul di dalam Perjanjian Baru saja, khususnya di dalam Amanat Agung – Matius 28:16-20. Sebenarnya perintah ini diberikan Tuhan juga di dalam Perjanjian Lama, berakar pada Kejadian 12:1-3 yang berisikan janji Allah kepada Abraham. Sekarang nabi Yesaya juga kembali menggemakan Amanat Agung ini di akhir kitabnya kepada umat tebusan Allah.

Bagi Yehuda apa yang sedang Allah perintahkan kepada mereka adalah sesuatu yang radikal. Kalau kita memperhatikan dengan seksama, selama masa kerajaan hingga masa pembuangan, Bait Allah itu menjadi sentral kehidupan umat Allah. Pemahaman misi bagi Israel adalah misi yang bersifat “sentripetal”, artinya bangsa Israel melaksanakan misinya sebagai daya tarik, dengan mempertontonkan kemuliaan, keadilan dan kasih Allah. Maka diharapkan hal ini akan menarik bangsa-bangsa lain kepada bangsa Israel dan Bait Suci, bahkan kepada Allah sendiri.

Bisakah kita melihat bagaimana perintah Allah ini mengubah konsep bermisi mereka? Allah mengubah pola bermisi, dari pola sentripetal menjadi pola “sentrifugal” yakni mereka diutus untuk pergi memberitakan kabar keselamatan kepada bangsa-bangsa lain (ayat 18-19). Selama itu mereka menjaga jarak dan relasi dengan bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah, sekarang justru Allah mendorong mereka untuk pergi menjumpai bangsa lain dan memberitakan tentang Allah dan karya keselamatan-Nya. Bangsa-bangsa lain yang berbeda budaya dan bahasa dengan mereka selama ini. Penyebutan nama bangsa-bangsa dalam Yes 66:19 sejajar dengan makna “ujung bumi” dalam pengutusan Tuhan Yesus kepada murid-murid-Nya. Pola ini yang kemudian juga ditegaskan Tuhan Yesus dalam Kisah Para Rasul 1:8; “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Yesaya sedang menekankan 2 hal penting tentang pelayanan misi yang harus dipahami oleh bangsa Yehuda. Pertama, misi Allah bersifat global. Berita keselamatan yang Allah kerjakan tidak hanya dibatasi oleh wilayah atau suku bangsa tertentu saja. Misi Allah bersifat global, karena Allah menghendaki semua suku bangsa manapun yang belum mengenal Allah memiliki kesempatan untuk mengenal, percaya dan memuliakan Allah. Hal kedua, untuk melaksanakan misi global itu, Allah memakai Israel yang telah ditebus menjadi alat untuk memberitakan kasih dan keselamatam dari Allah kepada semua suku, bangsa dan bahasa.

Di dalam Perjanjian Baru, misi Allah tidak mengalami perubahan. Misi Allah tetap ditujukan kepada semua suku, bangsa dan bahasa. Injil harus terus diberitakan seperti yang tertulis: Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya (Mat. 24:14). Kristus pun tetap konsisten dengan memerintahkan murid-murid-Nya, yaitu orang-orang percaya untuk menjadi alat menyampaikan kabar baik kepada semua bangsa. Kita dimenangkan oleh Kristus supaya kita boleh memproklamasikan Kristus dan karya-Nya kepada seluruh dunia. Banyak Suku terabaikan (STA) di dunia ini yang belum percaya kepada Kristus, bahkan di negara kita sendiri ada lebih dari 100 STA. Kita yang sudah dimenangkan-Nya, kiranya boleh terus mewartakan kabar ini supaya mereka yang masih berada di bawah dosa boleh dan belum mengenal Kristus bisa menerima-Nya dan mengalami kemenangan di dalam Dia.

×

Yesaya 66

Keselamatan sesudah hukuman

1 Beginilah firman TUHAN: Langit adalah takhta-Ku dan bumi adalah tumpuan kaki-Ku; rumah apakah yang akan kamu dirikan bagi-Ku, dan tempat apakah yang akan menjadi perhentian-Ku?

2 Bukankah tangan-Ku yang membuat semuanya ini, sehingga semuanya ini terjadi? demikianlah firman TUHAN. Tetapi kepada orang inilah Aku memandang: kepada orang yang tertindas dan patah semangatnya dan yang gentar kepada firman-Ku.

3 Orang menyembelih lembu jantan, namun membunuh manusia juga, orang mengorbankan domba, namun mematahkan batang leher anjing, orang mempersembahkan korban sajian, namun mempersembahkan darah babi, orang mempersembahkan kemenyan, namun memuja berhala juga. Karena itu: sama seperti mereka lebih menyukai jalan mereka sendiri, dan jiwanya menghendaki dewa kejijikan mereka,

4 demikianlah Aku lebih menyukai memperlakukan mereka dengan sewenang-wenang dan mendatangkan kepada mereka apa yang ditakutkan mereka; oleh karena apabila Aku memanggil, tidak ada yang menjawab, apabila Aku berbicara, mereka tidak mendengarkan, tetapi mereka melakukan yang jahat di mata-Ku dan lebih menyukai apa yang tidak Kukehendaki.

5 Dengarlah firman TUHAN, hai kamu yang gentar kepada firman-Nya! Saudara-saudaramu, yang membenci kamu, yang mengucilkan kamu oleh karena kamu menghormati nama-Ku, telah berkata: "Baiklah TUHAN menyatakan kemuliaan-Nya, supaya kami melihat sukacitamu!" Tetapi mereka sendirilah yang mendapat malu.

6 Dengar, bunyi kegemparan dari kota, dengar, datangnya dari Bait Suci! Dengar, TUHAN melakukan pembalasan kepada musuh-musuh-Nya!

7 Sebelum menggeliat sakit, ia sudah bersalin, sebelum mengalami sakit beranak, ia sudah melahirkan anak laki-laki.

8 Siapakah yang telah mendengar hal yang seperti itu, siapakah yang telah melihat hal yang demikian? Masakan suatu negeri diperanakkan dalam satu hari, atau suatu bangsa dilahirkan dalam satu kali? Namun baru saja menggeliat sakit, Sion sudah melahirkan anak-anaknya.

9 Masakan Aku membukakan rahim orang, dan tidak membuatnya melahirkan? firman TUHAN. Atau masakan Aku membuat orang melahirkan, dan menutup rahimnya pula? firman Allahmu.

10 Bersukacitalah bersama-sama Yerusalem, dan bersorak-soraklah karenanya, hai semua orang yang mencintainya! Bergiranglah bersama-sama dia segirang-girangnya, hai semua orang yang berkabung karenanya!

11 supaya kamu mengisap dan menjadi kenyang dari susu yang menyegarkan kamu, supaya kamu menghirup dan menikmati dari dadanya yang bernas.

12 Sebab beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku mengalirkan kepadanya keselamatan seperti sungai, dan kekayaan bangsa-bangsa seperti batang air yang membanjir; kamu akan menyusu, akan digendong, akan dibelai-belai di pangkuan.

13 Seperti seseorang yang dihibur ibunya, demikianlah Aku ini akan menghibur kamu; kamu akan dihibur di Yerusalem.

14 Apabila kamu melihatnya, hatimu akan girang, dan kamu akan seperti rumput muda yang tumbuh dengan lebat; maka tangan TUHAN akan nyata kepada hamba-hamba-Nya, dan amarah-Nya kepada musuh-musuh-Nya.

15 Sebab sesungguhnya, TUHAN akan datang dengan api, dan kereta-kereta-Nya akan seperti puting beliung, untuk melampiaskan murka-Nya dengan kepanasan dan hardik-Nya dengan nyala api.

16 Sebab TUHAN akan menghukum segala yang hidup dengan api dan dengan pedang-Nya, dan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN akan banyak jumlahnya.

17 Mereka yang menguduskan dan mentahirkan dirinya untuk taman-taman dewa, dengan mengikuti seseorang yang ada di tengah-tengahnya, yang memakan daging babi dan binatang-binatang jijik serta tikus, mereka semuanya akan lenyap sekaligus, demikianlah firman TUHAN.

18 Aku mengenal segala perbuatan dan rancangan mereka, dan Aku datang untuk mengumpulkan segala bangsa dari semua bahasa, dan mereka itu akan datang dan melihat kemuliaan-Ku.

19 Aku akan menaruh tanda di tengah-tengah mereka dan akan mengutus dari antara mereka orang-orang yang terluput kepada bangsa-bangsa, yakni Tarsis, Pul dan Lud, ke Mesekh dan Rosh, ke Tubal dan Yawan, ke pulau-pulau yang jauh yang belum pernah mendengar kabar tentang Aku dan yang belum pernah melihat kemuliaan-Ku, supaya mereka memberitakan kemuliaan-Ku di antara bangsa-bangsa.

20 Mereka itu akan membawa semua saudaramu dari antara segala bangsa sebagai korban untuk TUHAN di atas kuda dan kereta dan di atas usungan, di atas bagal dan unta betina yang cepat, ke atas gunung-Ku yang kudus, ke Yerusalem, firman TUHAN, sama seperti orang Israel membawa korban dalam wadah yang tahir ke dalam rumah TUHAN.

21 Juga dari antara mereka akan Kuambil imam-imam dan orang-orang Lewi, firman TUHAN.

22 Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap.

23 Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN.

24 Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.

×

Yesaya 66 : 2-4

2 Bukankah tangan-Ku yang membuat semuanya ini, sehingga semuanya ini terjadi? demikianlah firman TUHAN. Tetapi kepada orang inilah Aku memandang: kepada orang yang tertindas dan patah semangatnya dan yang gentar kepada firman-Ku.

3 Orang menyembelih lembu jantan, namun membunuh manusia juga, orang mengorbankan domba, namun mematahkan batang leher anjing, orang mempersembahkan korban sajian, namun mempersembahkan darah babi, orang mempersembahkan kemenyan, namun memuja berhala juga. Karena itu: sama seperti mereka lebih menyukai jalan mereka sendiri, dan jiwanya menghendaki dewa kejijikan mereka,

4 demikianlah Aku lebih menyukai memperlakukan mereka dengan sewenang-wenang dan mendatangkan kepada mereka apa yang ditakutkan mereka; oleh karena apabila Aku memanggil, tidak ada yang menjawab, apabila Aku berbicara, mereka tidak mendengarkan, tetapi mereka melakukan yang jahat di mata-Ku dan lebih menyukai apa yang tidak Kukehendaki.

×

Yesaya 66 : 15-17

15 Sebab sesungguhnya, TUHAN akan datang dengan api, dan kereta-kereta-Nya akan seperti puting beliung, untuk melampiaskan murka-Nya dengan kepanasan dan hardik-Nya dengan nyala api.

16 Sebab TUHAN akan menghukum segala yang hidup dengan api dan dengan pedang-Nya, dan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN akan banyak jumlahnya.

17 Mereka yang menguduskan dan mentahirkan dirinya untuk taman-taman dewa, dengan mengikuti seseorang yang ada di tengah-tengahnya, yang memakan daging babi dan binatang-binatang jijik serta tikus, mereka semuanya akan lenyap sekaligus, demikianlah firman TUHAN.

×

Yesaya 66 : 24

24 Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.

×

Yesaya 66 : 5-14

5 Dengarlah firman TUHAN, hai kamu yang gentar kepada firman-Nya! Saudara-saudaramu, yang membenci kamu, yang mengucilkan kamu oleh karena kamu menghormati nama-Ku, telah berkata: "Baiklah TUHAN menyatakan kemuliaan-Nya, supaya kami melihat sukacitamu!" Tetapi mereka sendirilah yang mendapat malu.

6 Dengar, bunyi kegemparan dari kota, dengar, datangnya dari Bait Suci! Dengar, TUHAN melakukan pembalasan kepada musuh-musuh-Nya!

7 Sebelum menggeliat sakit, ia sudah bersalin, sebelum mengalami sakit beranak, ia sudah melahirkan anak laki-laki.

8 Siapakah yang telah mendengar hal yang seperti itu, siapakah yang telah melihat hal yang demikian? Masakan suatu negeri diperanakkan dalam satu hari, atau suatu bangsa dilahirkan dalam satu kali? Namun baru saja menggeliat sakit, Sion sudah melahirkan anak-anaknya.

9 Masakan Aku membukakan rahim orang, dan tidak membuatnya melahirkan? firman TUHAN. Atau masakan Aku membuat orang melahirkan, dan menutup rahimnya pula? firman Allahmu.

10 Bersukacitalah bersama-sama Yerusalem, dan bersorak-soraklah karenanya, hai semua orang yang mencintainya! Bergiranglah bersama-sama dia segirang-girangnya, hai semua orang yang berkabung karenanya!

11 supaya kamu mengisap dan menjadi kenyang dari susu yang menyegarkan kamu, supaya kamu menghirup dan menikmati dari dadanya yang bernas.

12 Sebab beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku mengalirkan kepadanya keselamatan seperti sungai, dan kekayaan bangsa-bangsa seperti batang air yang membanjir; kamu akan menyusu, akan digendong, akan dibelai-belai di pangkuan.

13 Seperti seseorang yang dihibur ibunya, demikianlah Aku ini akan menghibur kamu; kamu akan dihibur di Yerusalem.

14 Apabila kamu melihatnya, hatimu akan girang, dan kamu akan seperti rumput muda yang tumbuh dengan lebat; maka tangan TUHAN akan nyata kepada hamba-hamba-Nya, dan amarah-Nya kepada musuh-musuh-Nya.

×

Yesaya 66 : 18-19

18 Aku mengenal segala perbuatan dan rancangan mereka, dan Aku datang untuk mengumpulkan segala bangsa dari semua bahasa, dan mereka itu akan datang dan melihat kemuliaan-Ku.

19 Aku akan menaruh tanda di tengah-tengah mereka dan akan mengutus dari antara mereka orang-orang yang terluput kepada bangsa-bangsa, yakni Tarsis, Pul dan Lud, ke Mesekh dan Rosh, ke Tubal dan Yawan, ke pulau-pulau yang jauh yang belum pernah mendengar kabar tentang Aku dan yang belum pernah melihat kemuliaan-Ku, supaya mereka memberitakan kemuliaan-Ku di antara bangsa-bangsa.

×

Matius 28 : 16-20

Perintah untuk memberitakan Injil

16 Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka.

17 Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu.

18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

×

Kejadian 12 : 1-3

1 Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;

2 Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.

3 Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."

×

Yesaya 66 : 19

19 Aku akan menaruh tanda di tengah-tengah mereka dan akan mengutus dari antara mereka orang-orang yang terluput kepada bangsa-bangsa, yakni Tarsis, Pul dan Lud, ke Mesekh dan Rosh, ke Tubal dan Yawan, ke pulau-pulau yang jauh yang belum pernah mendengar kabar tentang Aku dan yang belum pernah melihat kemuliaan-Ku, supaya mereka memberitakan kemuliaan-Ku di antara bangsa-bangsa.

×

Kisah Para Rasul 1 : 8

8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

×

Matius 24 : 14

14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

×

Yesaya 66 : 18-24

18 Aku mengenal segala perbuatan dan rancangan mereka, dan Aku datang untuk mengumpulkan segala bangsa dari semua bahasa, dan mereka itu akan datang dan melihat kemuliaan-Ku.

19 Aku akan menaruh tanda di tengah-tengah mereka dan akan mengutus dari antara mereka orang-orang yang terluput kepada bangsa-bangsa, yakni Tarsis, Pul dan Lud, ke Mesekh dan Rosh, ke Tubal dan Yawan, ke pulau-pulau yang jauh yang belum pernah mendengar kabar tentang Aku dan yang belum pernah melihat kemuliaan-Ku, supaya mereka memberitakan kemuliaan-Ku di antara bangsa-bangsa.

20 Mereka itu akan membawa semua saudaramu dari antara segala bangsa sebagai korban untuk TUHAN di atas kuda dan kereta dan di atas usungan, di atas bagal dan unta betina yang cepat, ke atas gunung-Ku yang kudus, ke Yerusalem, firman TUHAN, sama seperti orang Israel membawa korban dalam wadah yang tahir ke dalam rumah TUHAN.

21 Juga dari antara mereka akan Kuambil imam-imam dan orang-orang Lewi, firman TUHAN.

22 Sebab sama seperti langit yang baru dan bumi yang baru yang akan Kujadikan itu, tinggal tetap di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, demikianlah keturunanmu dan namamu akan tinggal tetap.

23 Bulan berganti bulan, dan Sabat berganti Sabat, maka seluruh umat manusia akan datang untuk sujud menyembah di hadapan-Ku, firman TUHAN.

24 Mereka akan keluar dan akan memandangi bangkai orang-orang yang telah memberontak kepada-Ku. Di situ ulat-ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam, maka semuanya akan menjadi kengerian bagi segala yang hidup.

  1. Apa yang bisa Anda pelajari dari khotbah ini? Berkat apa yang Anda peroleh dari khotbah ini?
  2. Apakah tujuan Allah menyelamatkan bangsa Israel menurut Yesaya 66:18-19?
  3. Apa yang Allah perintahkan kepada bangsa Israel untuk mereka lakukan?
  4. Apakah yang dimaksud dengan pola misi yang bersifat “sentripetal” dan “sentrifugal”? Dimana letak perbedaan di antara keduanya?
  1. 1. Catatlah kebenaran apa yang Anda temukan dari Yesaya 66:18-24 ?
  2. Tuliskan komitmen yang Anda buat hari ini dalam pelaksanaan misi Allah bagi seluruh umat manusia?
Berdoalah agar jemaat GKA Gloria dapat menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung pelayanan misi gereja GKA Gloria. Jemaat dapat tergerak dan mulai untuk berbagi Injil dengan banyak orang di sekitar mereka.
Download Ringkasan Khotbah
Download Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah