27 Agustus 2023

RINGKASAN KHOTBAH
27 AGUSTUS 2023

Bahan Pertemuan Kelompok Kecil

PEMBERIAN YANG MEMBERKATI
2 Korintus 8 : 1-7

Mengapa banyak orang sukar memberi kepada orang lain atau memberi diri dalam pekerjaan pelayanan Tuhan? Pertanyaan ini sering muncul dan kadang kala menjadi perdebatan panjang. Apakah karena mereka tidak memiliki apa-apa seperti harta benda atau milik kepunyaan? Apakah mereka kurang peduli atau kurang peka dengan keadaan sekitarnya sekalipun mereka memiliki segala sesuatu? Ataukah mereka tidak memahami apa arti hidup ini secara khusus sebagai orang-orang yang percaya kepada Kristus? Gereja perlu meresponnya dan memberikan pemahaman apa yang sedang dihadapi sekarang ini dengan mengacu pada pertanyaan-pertanyaan tadi.

Rasul Paulus sedang menolong jemaat Korintus yang mengalami masalah dalam hal kemurahan hati dan memberi persembahan. Untuk itu rasul Paulus memakai contoh jemaat Makedonia. Dibandingkan dengan jemaat Korintus tentu saja jemaat Makedonia sangat jauh berbeda. Paulus mengungkapkan jemaat Makedonia sedang dalam keadaan teraniaya, miskin dan menderita. Akan tetapi kondisi itu tidak menyurutkan semangat mereka untuk memberi persembahan guna pelayanan. Paulus menuliskan: “mereka meminta dan mendesak kepada kami”. Dengan kata lain, mereka memohon dengan sangat agar dibolehkan untuk memberi persembahan, meski keadaan mereka sendiri sedang susah.

Mengapa jemaat Makedonia memiliki dorongan kuat untuk memberi persembahan? Paulus memberikan penekanan bahwa kesediaan mereka untuk memberi adalah karena mereka telah memberikan diri mereka pertama-tama kepada Tuhan. Mereka percaya kepada pemeliharaan Tuhan atas hidup mereka, sehingga dalam keadaan paling sulit sekalipun tidak menyurutkan tekad mereka untuk memberi persembahan. Hal kedua yang tidak kalah penting: karena mereka telah lebih dahulu menerima yang terbaik dari Kristus. Kesadaran akan hal inilah yang mendorong mereka untuk memberikan persembahan guna pelayanan orang-orang kudus.

Jemaat Makedonia menyadari mereka terpanggil untuk menyokong pelayanan kasih yang dikerjakan guna menolong jemaat di Yerusalem yang sedang mengalami penderitaan. Mengapa? Supaya pekerjaan Tuhan tidak terhenti di tengah-tengah jemaat Yerusalem. Oleh sebab itu, Paulus menulis kepada jemaat Korintus serta mendesak mereka juga untuk ikut mengambil bagian dalam pelayanan ini.

Semangat yang sama kiranya juga mendorong kita hari ini. Bukankah kita sudah menerima anugerah terbesar dari Allah, yakni keselamatan kekal? Bukankah kita juga sudah mengalami dan menerima segala berkat yang terbaik dari Tuhan di dalam hidup kita? Tidakkah kita tergugah melihat kebutuhan akan pelayanan di depan mata kita? Dari sekian banyak pelayanan yang Tuhan percayakan kepada gereja kita, ada pelayanan misi yang juga perlu mendapat perhatian.

Kebutuhan manusia terbesar pada masa kini adalah: mendapatkan keselamatan dari Allah. Masih banyak suku-suku terabaikan di sekitar kita yang belum pernah mendengar kabar tentang Tuhan Yesus seumur hidup mereka. Kita perlu menyokong para misionaris yang diutus untuk melayani di tengah-tengah suku bangsa yang belum percaya, supaya Injil Tuhan boleh terus diberitakan.

Bentuk dukungan kita tidak terbatas hanya dalam hal memberikan uang saja. Seperti halnya jemaat Makedonia, Allah mau kita memberikan hati dan hidup kita juga. Mulailah dengan berdoa secara khusus bagi pelayanan misi kita. Libatkan diri dalam pelayanan misi, bukan hanya di bulan Misi setiap tahun saja. Juga berikan uang kita untuk menyokong peplayanan Tuhan bagi pelruasan Kerajaan-Nya di tengah-tengah dunia ini. Selalu persembahkan yang terbaik kepada Tuhan, agar pelayanan misi boleh terus berlangsung di berbagai tempat. Ingatlah setiap persembahan yang kita bawa dengan tulus di hadapan Tuhan akan memberkati pelayanan kasih yang dikerjakan oleh gereja-Nya.

×

Yeremia 29

Surat kiriman kepada orang-orang buangan di Babel

1 Beginilah bunyi surat yang dikirim oleh nabi Yeremia dari Yerusalem kepada tua-tua di antara orang buangan, kepada imam-imam, kepada nabi-nabi dan kepada seluruh rakyat yang telah diangkut ke dalam pembuangan oleh Nebukadnezar dari Yerusalem ke Babel.

2 Itu terjadi sesudah raja Yekhonya beserta ibu suri, pegawai-pegawai istana, pemuka-pemuka Yehuda dan Yerusalem, tukang dan pandai besi telah keluar dari Yerusalem.

3 Surat itu dikirim dengan perantaraan Elasa bin Safan dan Gemarya bin Hilkia yang diutus oleh Zedekia, raja Yehuda, ke Babel, kepada Nebukadnezar, raja Babel. Bunyinya:

4 "Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, kepada semua orang buangan yang diangkut ke dalam pembuangan dari Yerusalem ke Babel:

5 Dirikanlah rumah untuk kamu diami; buatlah kebun untuk kamu nikmati hasilnya;

6 ambillah isteri untuk memperanakkan anak laki-laki dan perempuan; ambilkanlah isteri bagi anakmu laki-laki dan carikanlah suami bagi anakmu perempuan, supaya mereka melahirkan anak laki-laki dan perempuan, agar di sana kamu bertambah banyak dan jangan berkurang!

7 Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

8 Sungguh, beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Janganlah kamu diperdayakan oleh nabi-nabimu yang ada di tengah-tengahmu dan oleh juru-juru tenungmu, dan janganlah kamu dengarkan mimpi-mimpi yang mereka mimpikan!

9 Sebab mereka bernubuat palsu kepadamu demi nama-Ku. Aku tidak mengutus mereka, demikianlah firman TUHAN.

10 Sebab beginilah firman TUHAN: Apabila telah genap tujuh puluh tahun bagi Babel, barulah Aku memperhatikan kamu. Aku akan menepati janji-Ku itu kepadamu dengan mengembalikan kamu ke tempat ini.

11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

12 Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu;

13 apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati,

14 Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan memulihkan keadaanmu dan akan mengumpulkan kamu dari antara segala bangsa dan dari segala tempat ke mana kamu telah Kuceraiberaikan, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan mengembalikan kamu ke tempat yang dari mana Aku telah membuang kamu. --

15 Memang kamu berkata: TUHAN telah membangkitkan nabi-nabi bagi kami di Babel. --

16 Sungguh, beginilah firman TUHAN tentang raja yang duduk di atas takhta Daud dan tentang seluruh rakyat yang diam di kota ini, yakni saudara-saudaramu yang tidak keluar beserta kamu ke dalam pembuangan:

17 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sesungguhnya, Aku akan mengirim pedang, kelaparan dan penyakit sampar ke antara mereka, dan Aku akan membuat mereka seperti buah ara yang busuk dan demikian jeleknya, sehingga tidak dapat dimakan.

18 Aku akan mengejar mereka dengan pedang, kelaparan dan penyakit sampar, dan Aku akan membuat mereka menjadi kengerian bagi segala kerajaan di bumi, menjadi kutuk, kedahsyatan, suitan dan aib di antara segala bangsa ke mana mereka Kuceraiberaikan,

19 sebagai ganjaran bahwa mereka tidak mendengarkan perkataan-Ku, demikianlah firman TUHAN, yang telah Kusampaikan kepada mereka terus-menerus dengan perantaraan hamba-hamba-Ku, yakni para nabi; tetapi kamu tidak mendengarkannya, demikianlah firman TUHAN.

20 Tetapi dengarkanlah firman TUHAN, hai kamu semua orang buangan, yang telah Kukirim dari Yerusalem ke Babel!

21 Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, tentang Ahab bin Kolaya dan tentang Zedekia bin Maaseya, orang-orang yang bernubuat palsu kepadamu demi nama-Ku: Sesungguhnya Aku akan menyerahkan mereka ke dalam tangan Nebukadnezar, raja Babel, yang akan memarang mereka mati di depan matamu sendiri,

22 sehingga dari keadaan mereka akan dijadikan suatu kutuk oleh semua orang buangan dari Yehuda yang ada di Babel, demikian: Biarlah TUHAN memperlakukan kamu seperti Zedekia dan Ahab yang telah dipanggang oleh raja negeri Babel di dalam api!,

23 oleh karena mereka telah melakukan kebebalan di Israel, telah berzinah dengan isteri sesama mereka dan telah mengucapkan demi nama-Ku perkataan dusta yang tidak Kupesankan kepada mereka. Aku sendirilah yang mengetahui dan menyaksikannya, demikianlah firman TUHAN."

Sikap seorang buangan terhadap surat Yeremia

24 Kepada Semaya, orang Nehelam itu, haruslah kaukatakan:

25 "Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Oleh sebab engkau telah mengirim surat atas namamu sendiri kepada seluruh rakyat yang ada di Yerusalem, yaitu kepada imam Zefanya bin Maaseya dan kepada segala imam, bunyinya:

26 TUHAN telah mengangkat engkau, Zefanya, menjadi imam menggantikan imam Yoyada, supaya engkau menjadi pengawas di rumah TUHAN untuk memasungkan setiap orang gila yang menganggap dirinya nabi dan untuk merantai lehernya dengan besi.

27 Tetapi sekarang, mengapakah engkau tidak menegor Yeremia, orang Anatot itu, yang menganggap dirinya nabi di antaramu?

28 Bukankah ia telah mengirim pesan kepada kami di Babel, katanya: Pembuanganmu masih lama. Dirikanlah rumah untuk kamu diami; buatlah kebun untuk kamu nikmati hasilnya!"

29 Surat ini dibacakan oleh imam Zefanya ke telinga nabi Yeremia.

30 Maka datanglah firman TUHAN kepada Yeremia, bunyinya:

31 "Kirimlah pesan kepada semua orang buangan itu: Beginilah firman TUHAN tentang Semaya, orang Nehelam itu: Oleh karena Semaya telah bernubuat kepadamu, sekalipun Aku tidak mengutusnya, dan ia telah membuat kamu percaya kepada dusta,

32 maka beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku akan menghukum Semaya, orang Nehelam itu, dan keturunannya: tidak ada seorangpun dari keluarganya akan diam di tengah-tengah bangsa ini untuk melihat yang baik yang akan Kulakukan kepada umat-Ku, demikianlah firman TUHAN, sebab ia telah mengajak murtad terhadap TUHAN."

×

Yeremia 29 : 5-7

5 Dirikanlah rumah untuk kamu diami; buatlah kebun untuk kamu nikmati hasilnya;

6 ambillah isteri untuk memperanakkan anak laki-laki dan perempuan; ambilkanlah isteri bagi anakmu laki-laki dan carikanlah suami bagi anakmu perempuan, supaya mereka melahirkan anak laki-laki dan perempuan, agar di sana kamu bertambah banyak dan jangan berkurang!

7 Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

×

Ulangan 20 : 5-8

5 Dirikanlah rumah untuk kamu diami; buatlah kebun untuk kamu nikmati hasilnya;

6 ambillah isteri untuk memperanakkan anak laki-laki dan perempuan; ambilkanlah isteri bagi anakmu laki-laki dan carikanlah suami bagi anakmu perempuan, supaya mereka melahirkan anak laki-laki dan perempuan, agar di sana kamu bertambah banyak dan jangan berkurang!

7 Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

×

Yesaya 65 : 21-23

21 Mereka akan mendirikan rumah-rumah dan mendiaminya juga; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan memakan buahnya juga.

22 Mereka tidak akan mendirikan sesuatu, supaya orang lain mendiaminya, dan mereka tidak akan menanam sesuatu, supaya orang lain memakan buahnya; sebab umur umat-Ku akan sepanjang umur pohon, dan orang-orang pilihan-Ku akan menikmati pekerjaan tangan mereka.

23 Mereka tidak akan bersusah-susah dengan percuma dan tidak akan melahirkan anak yang akan mati mendadak, sebab mereka itu keturunan orang-orang yang diberkati TUHAN, dan anak cucu mereka ada beserta mereka.

×

Mazmur 122

Doa sejahtera untuk Yerusalem

1 Nyanyian ziarah Daud. Aku bersukacita, ketika dikatakan orang kepadaku: "Mari kita pergi ke rumah TUHAN."

2 Sekarang kaki kami berdiri di pintu gerbangmu, hai Yerusalem.

3 Hai Yerusalem, yang telah didirikan sebagai kota yang bersambung rapat,

4 ke mana suku-suku berziarah, yakni suku-suku TUHAN, untuk bersyukur kepada nama TUHAN sesuai dengan peraturan bagi Israel.

5 Sebab di sanalah ditaruh kursi-kursi pengadilan, kursi-kursi milik keluarga raja Daud.

6 Berdoalah untuk kesejahteraan Yerusalem: "Biarlah orang-orang yang mencintaimu mendapat sentosa.

7 Biarlah kesejahteraan ada di lingkungan tembokmu, dan sentosa di dalam purimu!"

8 Oleh karena saudara-saudaraku dan teman-temanku aku hendak mengucapkan: "Semoga kesejahteraan ada di dalammu!"

9 Oleh karena rumah TUHAN, Allah kita, aku hendak mencari kebaikan bagimu.

×

Yeremia 27 : 7

7 Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

×

Yeremia 29 : 4-7

4 "Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel, kepada semua orang buangan yang diangkut ke dalam pembuangan dari Yerusalem ke Babel:

5 Dirikanlah rumah untuk kamu diami; buatlah kebun untuk kamu nikmati hasilnya;

6 ambillah isteri untuk memperanakkan anak laki-laki dan perempuan; ambilkanlah isteri bagi anakmu laki-laki dan carikanlah suami bagi anakmu perempuan, supaya mereka melahirkan anak laki-laki dan perempuan, agar di sana kamu bertambah banyak dan jangan berkurang!

7 Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.

  1. Apa yang bisa Anda pelajari dari khotbah ini? Berkat apa yang Anda peroleh dari khotbah ini?
  2. Bagaimana situasi jemaat Makedonia saat itu? Apa yang mendorong mereka untuk memberi persembahan meski situasi mereka tidak mudah?
  3. Apa yang Allah mau katakan kepada jemaat Korintus hari itu melalui teladan jemaat Makedonia?
  4. Apa respons kita sebagai jemaat Tuhan terhadap kebenaran ini?
  5. Apakah saja hambatan yang kita hadapi untuk memberi persembahan yang terbaik kepada Allah?
  1. Apa yang Anda bisa pelajari dari jemaat Makedonia ini?
  2. Tuliskan komitmen yang Anda buat hari ini dalam hal persembahan untuk pelayanan misi!
Berdoalah agar jemaat GKA Gloria dapat menunjukkan komitmen mereka untuk mendukung pelayanan misi gereja GKA Gloria. Jemaat dapat tergerak dan mendukung melalui doa, dana dan daya mereka bagi kemuliaan Tuhan!
Download Ringkasan Khotbah
Download Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah