1 Januari 2023

RINGKASAN KHOTBAH
1 JANUARI 2023

Bahan Pertemuan Kelompok Kecil

BERTUMBUH SERUPA KRISTUS DALAM KOMUNITAS

Bacaan Alkitab: Roma 8:29; Kisah Para Rasul 11:26.

Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara

(Rm. 8:29)

Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen

(Kis. 11:26)

Seperti apakah kehidupan orang Kristen itu? Serupa dunia atau serupa Kristus? Pertanyaan ini tentu mudah kita jawab, bukan? Sebagai murid Kristus kita tahu, kita dipanggil untuk hidup serupa Kristus. Namun apakah kita selalu menyadari panggilan ini dan hidup di dalamnya? Itu masalah utamannya!

Kehidupan Kristiani kita bukanlah sekadar soal diselamatkan oleh anugerah Allah dalam Yesus Kristus dan oleh pertolongan Roh Kudus yang melahirbarukan kita, sehingga kita dapat percaya berita Injil, tetapi juga tentang tujuan dari penyelamatan yang dikerjakan oleh Allah Tritunggal bagi kita, yaitu agar kita menjadi serupa dengan Kristus (Rm. 8:29-30).

Serupa dengan Kristus adalah sebuah proses yang Allah kerjakan dalam kehidupan anak-anak-Nya selama hidup dalam dunia ini. Dalam istilah teologisnya proses ini disebut doktrin pengudusan, hingga kita mengalami pemuliaan (konsumasi). Serupa Kristus tidak akan terjadi atau tercapai dengan kekuatan atau usaha kita sendiri melainkan karena pertolongan Allah Tritunggal yang turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia (Rm. 8:28). Dengan kata lain, Allahlah yang sesungguhnya membuat kita serupa Kristus.

Sekalipun kepastian serupa Kristus merupakan karya Allah dalam Kristus dan melalui pertolongan Roh Rudus (sebut: anugerah), bukan berarti kita menjadi pasif dalam kehidupan kita, atau tidak memiliki kedisiplinan rohani untuk bertumbuh dewasa di dalam Kristus. Paulus menasihatkan agar jemaat berakar dan bertumbuh dalam relasinya dengan Kristus (Kol. 2:6-7), meniggalkan kebiasaan kehidupan lama dan menghidupi kehidupan baru dalam Kristus (2Kor. 5:17), memakai kehidupan dalam Kristus tersebut bukan untuk menuruti hawa nafsu dan keinginan duniawi, melainkan memakainya sebagai senjata kebenaran dan muliakan Allah (Rm. 6), serta hidup serupa Kristus dalam kerendahan hati, rela melayani dan setia sampai akhir (Flp. 2:1-11).

Namun segala upaya jemaat untuk bertumbuh mengarah pada keserupaan dengan Kristus tidak terjadi dalam kesendirian, melainkan dalam komunitas orang beriman, sebagaimana gereja mula-mula mengalami pertumbuhan rohani secara pribadi dalam komunitas (Kis. 2:41-47; 4:32-37). Dalam komunitas, orang percaya dapat saling menasihati, menghibur dan bertumbuh bersama (Ibr. 10:25). Maka komunitas adalah media terbaik untuk menolong kita bertumbuh serupa Kristus. Komunitas adalah tempat untuk kita tumbuh bersama, saling berbagi, measihati, dan mengerjakan perintah maupun amanat agung Tuhan, dengan sebagai murid-murid Kristus dalam dunia ini. Komunitas menjaga kita agar tidak hanyut dalam godaan hidup duniawi. Ini tidak akan terjadi pada kita, jika kita sendirian tanpa rekan seiman atau komunitas orang beriman.

Dalam kehidupan jemaat mula-mula, komunitas telah menolong jemaat bertumbuh ke arah Kristus. Mereka mengalami perubahan hidup dan ciri khas hidup yang baru berbeda dari kehidupan sekitar mereka yang duniawi. Itulah jemaat Antiokhia yang pertama kalinya disebut “Kristen” atau “pengikut Kristus,” sebab mereka berkomitmen untuk hidup bagi Kristus, menghidupi ajaran-Nya dan mengerjakan misi-Nya. Keserupaan dengan Kristus berarti hidup meneladani-Nya, seperti Kristus sendiri berkata: “seorang murid akan serupa dengan gurunya!” Sudahkah Anda hidup mengarah pada keserupaan dengan Kristus?

  1. Apakah kehendak Allah bagi orang-orang pilihan-Nya? (Rm. 8:29).
  2. Jika serupa Kristus adalah maksud dan kehendak Allah bagi kita, apakah kita masih perlu hidup serupa Kristus dalam dunia ini? Apa alasannya!
  3. Berikan contoh karakter serupa Kristus sebagaimana yang Anda ketahui selama ini?
  4. Apakah orang lain atau rekan seiman melihat perubahan hidup Anda yang mengarah pada keserupaan dengan Kristus? Sebutkan alasannya!
  5. Apa hambatan terbesar untuk hidup serupa Kristus dan apa pula solusinya agar seorang pengikut Kristus hidup serupa Kristus ?
  6. Menurut Anda, apakah komunitas adalah tempat terbaik untuk kita bertumbuh bersama serupa Kristus daripada bertumbuh seorang diri? Coba jelaskan !

Setelah mengikuti sesi ini, saya akan ……………………………………………………..

  1. Berdoalah bagi pertumbuhan rohani dan keserupaan Kristus bagi rekan GDG Anda!
  2. Doakan kemajuan dan pertumbuhan gerakan pemuridan di GKA Gloria,
  3. Berdoalah agar jemaat dapat bergabung dalam kelompok kecil GDG dan bertumbuh bersama dalam komunitas
  4. Doakan keamanan dan kesejahteraan bangsa.
Download Ringkasan Khotbah
Download Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah
Tutup Ringkasan Khotbah